Fakta Terbaru Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia di AJC 2024, Salah Wasit?

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 2 Juli 2024 | 13:15 WIB
Zhang Zhi Jie meninggal dunia di AJC 2024 (Instagram @badmintonasia.official)

Nakita.id - Tragedi mengejutkan menimpa dunia bulutangkis ketika pebulutangkis muda China, Zhang Zhi Jie, mendadak kolaps saat berlaga di Asia Junior Championship (AJC) 2024.

Zhang Zhi Jie, yang tampil mewakili Negeri Tirai Bambu dalam ajang bergengsi ini, dinyatakan meninggal dunia setelah insiden yang terjadi di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Berikut adalah fakta-fakta mengenai kejadian tragis tersebut.

Fakta Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia di AJC 2024

1. Kronologi Kejadian

Zhang Zhi Jie mendadak terjatuh ketika sedang bersiap menerima servis dari Kazuma Kawano pada skor 11-11.

Dalam posisi tertelungkup, Zhang sempat berusaha bangkit dengan kepalanya terlihat mencoba mendongak.

Tim medis baru masuk ke lapangan sekitar 40 detik setelah mendapat panggilan dari wasit.

Merujuk pada pernyataan Badminton Asia dan PBSI, Zhang Zhi Jie pingsan di lapangan lalu dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB.

2. Penanganan dan Pemeriksaan Medis

Dalam konferensi pers yang berlangsung di Yogyakarta, Senin (1/7), pihak PBSI yang diwakili Kepala Bidang Humas dan Media PBSI Broto Happy menjelaskan hasil penanganan dan pemeriksaan medis atlet tunggal putra China tersebut.

"Kesimpulan pemeriksaan dan penanganan korban, baik di RSPAU dr. S. Hardjolukito maupun di RSUD Dr. Sardjito menunjukkan hasil yang sama, yaitu korban mengalami henti jantung mendadak," ucap Broto.

Dari GOR Among Rogo, Zhang dibawa ke RSPAU dr. S. Hardjolukito setelah mendapat pertolongan pertama karena kolaps.

Broto menyatakan pertolongan pertama yang diberikan oleh dokter di lapangan sudah sesuai standar yang berlaku di setiap turnamen bulutangkis internasional dari BWF dan Badminton Asia.

Baca Juga: Pekerjaan Utamanya Bukan Atlet Bulutangkis! Pantesan Enteng Sewa JIS Buat Lamar Valencia Tanoesoedibjo Serta Ada Dekor Mewah, Ternyata Lumbung Uang Kevin Sanjaya di Bisnis Mentereng Ini