'Laman Bersajak' Media Meningkatkan Minat Baca dan Lingkungan Bagi Tunanetra dari Duta Bahasa Jawa Tengah

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 6 Agustus 2024 | 15:30 WIB
Duta Bahasa Jawa Tengah di SLB Negeri Surakarta dalam implementasi laman Bersajak (Dokumen Duta Bahasa Jawa Tengah)

Nakita.id - Pemenang 1 Duta Bahasa Jawa Tengah, Gemilang Dani Saputra dan Olivia Firdaus melaksanakan implementasi krida “Bersajak” untuk pertama kalinya.

Implementasi tersebut dilaksanakan pada 24 Juli 2024 di SLBN Surakarta.

Selain Dani dan Oliv, acara tersebut juga dihadiri oleh Rizki, Sherly, Tsania dan Angela sebagai perwakilan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah 2024 serta Pradana Ricardo selaku Wakil Ketua 1 Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah.

Implementasi tersebut menghadirkan 5 siswa SLBN Surakarta yang memiliki keterbatasan penglihatan (tunanetra).

Tahun ini, Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah membawa krida kebahasaan yang bertajuk “Belajar Sastra Hijau Anak (Bersajak).”

Krida tersebut merupakan laman ramah tunanetra yang dapat digerakan atau dioperasikan menggunakan suara.

“Laman ini kami buat dengan memperhatikan kebutuhan teman-teman tunanetra. Bersajak, kami buat sebagai media pembelajaran yang bersifat inklusif untuk meningkatkan literasi teman-teman tunanetra.” Ujar Dani.

Duta Bahasa Jawa Tengah di SLB Negeri Surakarta dalam implementasi laman Bersajak

Selain untuk meningkatkan literasi, Bersajak juga dapat menjadi salah satu solusi jangka panjang dalam pencegahan kerusakan lingkungan.

“Tema dalam buku bacaan yang kami muat di laman ini adalah tentang karakter cinta lingkungan. Laman ini dapat memberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga lingkungan bagi anak-anak.” Kata Oliv.

Pihak SLBN Surakarta sangat antusias dalam menyambut pelaksanaan implementasi ini.

Baca Juga: Peduli Bahasa Indonesia, Jurnalis Nakita.id dari Grid Network Terpilih Menjadi Duta Bahasa Favorit Jawa Tengah