Gejala Angin Duduk Seperti Maag, Ternyata Ini yang Terjadi Pada Tubuh

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 11 Agustus 2024 | 14:00 WIB
Gejala angin duduk seperti maag (Pexels/Sora Shimazaki)

Nakita.id - Angin duduk atau dalam istilah medis disebut angina pectoris adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah yang kaya oksigen ke otot jantung berkurang, menyebabkan nyeri dada yang bisa terasa seperti serangan jantung.

Menariknya, gejala angin duduk sering kali mirip dengan gejala penyakit lain seperti maag, sehingga banyak orang yang salah mengira kondisinya.

Mengapa gejala angin duduk bisa mirip dengan maag, dan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika kondisi ini terjadi?

Artikel ini akan membahas hal tersebut secara rinci.

Angin duduk adalah kondisi medis yang ditandai dengan nyeri atau ketidaknyamanan di dada akibat kurangnya pasokan darah ke otot jantung.

Nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa menit dan biasanya dipicu oleh aktivitas fisik, stres emosional, atau kondisi lainnya yang meningkatkan kebutuhan oksigen jantung.

Angin duduk umumnya merupakan gejala dari penyakit jantung koroner, di mana arteri yang menyuplai darah ke jantung mengalami penyempitan akibat penumpukan plak.

Mengapa Gejala Angin Duduk Mirip dengan Maag?

Gejala angin duduk sering kali mirip dengan maag atau gangguan pencernaan lainnya karena keduanya melibatkan nyeri di daerah dada atau perut bagian atas.

Beberapa gejala umum yang bisa muncul dalam kedua kondisi ini meliputi:

1. Nyeri Dada

Baik angin duduk maupun maag bisa menyebabkan nyeri dada.

Pada angin duduk, nyeri biasanya terasa di bagian tengah atau kiri dada dan bisa menjalar ke lengan, leher, rahang, atau punggung.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Angin Duduk pada Anak, Kapan Harus Dibawa ke Dokter?