Gejala Diabetes Anak Menurun ke Generasi, Begini Cara Mencegahnya

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 14 Agustus 2024 | 15:15 WIB
Gejala Diabetes Anak Menurun ke Generasi (freepik / jcomp)

Nakita.id - Diabetes mellitus (DM) adalah salah satu penyakit kronis yang tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan remaja.

Meskipun gejala klinis diabetes pada anak dan remaja sering kali mirip dengan gejala yang dialami oleh orang dewasa, ada karakteristik khusus yang perlu diwaspadai oleh orang tua dan pengasuh.

Dalam wawancara ini, dr. Lucy Endang Savitri, Sp.A dari Rumah Sakit JIH Solo menjelaskan berbagai gejala klinis diabetes mellitus pada anak dan remaja, serta memberikan wawasan penting tentang deteksi dini dan pencegahan penyakit ini.

Gejala Diabetes pada Anak

Menurut dr. Lucy, gejala klinis diabetes mellitus pada anak dan remaja pada dasarnya mirip dengan yang terjadi pada orang dewasa.

Gejala-gejala ini termasuk polidipsia (banyak minum), polifagia (banyak makan), dan poliuria (sering buang air kecil).

Namun, pada anak-anak dan remaja, gejala ini sering kali tidak jelas dan dapat dengan mudah terlewatkan oleh orang tua atau pengasuh.

"Yang khas pada pasien diabetes, baik anak maupun remaja, adalah mereka banyak minum, banyak makan, dan sering kencing," ujar dr. Lucy.

"Namun, gejala-gejala ini bisa tampak samar, sehingga sering kali orang tua tidak menyadari bahwa anak mereka mungkin menderita diabetes."

Selain gejala khas tersebut, dr. Lucy menekankan adanya gejala tambahan yang sering menyertai diabetes pada anak dan remaja, seperti penurunan berat badan yang tidak wajar, tubuh yang lemah, serta sering mengompol.

Mengompol sering terjadi karena anak-anak atau remaja yang terkena diabetes cenderung buang air kecil lebih sering, bahkan di malam hari.

"Gejala lain yang mungkin muncul termasuk infeksi jamur, luka yang sulit sembuh, penglihatan kabur, kulit yang gatal-gatal dan kering, serta rasa kebas atau kesemutan pada ujung-ujung kaki," jelas dr. Lucy.

Baca Juga: BERITA POPULER: Mitos atau Fakta Minum Air Putih Sembuhkan Diabetes hingga Bahaya Menyusui Sambil Tiduran