Ingin Menikmati Camilan yang Praktis dan Sehat? Rockit Apple Bisa Jadi Pilihan Tepat untuk Keluarga

By Poetri Hanzani, Rabu, 21 Agustus 2024 | 14:39 WIB
Acara peluncuran apel Rockit™ musim terbaru di Grand Indonesia, Selasa (20/8/2024). (Nakita / Poetri)

Nakita.id - Mengonsumsi camilan sering kali dianggap sebagai kebiasaan yang buruk, terutama jika tidak dilakukan dengan bijak.

Namun, jika dipilih dengan tepat, camilan justru bisa menjadi bagian penting dari pola makan sehat.

Healthy snacks atau camilan sehat dapat membantu menjaga energi, mengontrol rasa lapar, dan mendukung nutrisi harian.

Dengan memilih camilan yang tepat, tidak hanya dapat mengontrol nafsu makan, tetapi juga mendukung kesehatan jangka panjang.

Oleh karena itu, sangat penting memilih camilan sehat dan mengapa kita harus bijak dalam menentukan pilihan snack.

"Kini, kesadaran masyarakat mengenai kesehatan sudah semakin meningkat. Untuk membentuk kebiasaan hidup sehat, kita perlu benar-benar memperhatikan apa yang kita makan, aktivitas apa yang kita lakukan, serta bagaimana kita beristirahat. Ketiga pilar inilah yang menjadi dasar terbentuknya kebiasaan sehat," kata Vania, S.Gz selaku Ahli Gizi dalam rangka peluncuran apel Rockit™ musim terbaru di Grand Indonesia, Selasa (20/8/2024).

"Langkah sederhana yang bisa kita mulai sekarang adalah dengan lebih selektif dalam memilih makanan yang kita konsumsi," tambahnya.

Menurut Vania, snacking atau mengemil boleh dilakukan asalkan dilakukan dengan cara yang sehat dan dalam porsi yang tepat.

"Ngemil itu sah-sah saja, asalkan mengikuti pola makan yang sudah diterapkan. Lima waktu makan, terdiri dari tiga kali makan besar dan dua kali ngemil atau makanan ringan. Ngemil diperbolehkan asal makanan yang kita konsumsi bergizi. Pilihan camilan sehat tidak hanya terbatas pada sayur-sayuran, tapi juga bisa termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, dan makanan lainnya," ujarnya.

Salah satu camilan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah buah apel. Ada banyak manfaat buah apel, tidak hanya baik untuk tubuh namun juga kesehatan kulit.

"Satu apel berukuran sedang mengandung sekitar 95 kalori dan memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah. Ini menjadikannya aman untuk penderita diabetes. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa apel dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan baik, sehingga aman dikonsumsi dan bermanfaat sebagai pencegahan. Apel kaya akan serat, dengan satu buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat. Selain itu, apel juga kaya vitamin C dan potasium. Potasium dalam apel sangat bermanfaat untuk mencegah kram atau sembelit, dan apel juga mengandung antioksidan serta sifat anti-inflamasi yang dapat melawan radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, serta mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan dan diabetes. Terbukti pula bahwa apel dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam jangka panjang dan membantu meningkatkan performa olahraga. Apel juga mengenyangkan sehingga bisa membantu menjaga berat badan," jelasnya.

Baca Juga: Sederhana Tapi Besar Khasiatnya, Ini Manfaat Rutin Konsumsi Buah Apel Merah untuk Tubuh