Terlengkap! Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA Kurmer Halaman 32-33

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 23 Agustus 2024 | 12:45 WIB
Kunci jawaban Sejarah kelas 10 SMA halaman 32 (Freepik.com)

Nakita.id - Mata pelajaran Sejarah kelas 10 SMA memegang peran penting dalam membantu siswa memahami perkembangan sejarah di Indonesia, serta memberikan wawasan mengenai bagaimana masa lalu membentuk masa kini.

Dalam Bab A yang berjudul Pengantar Ilmu Sejarah, siswa diajak untuk mengeksplorasi berbagai peristiwa penting dalam sejarah, termasuk perkembangan moda transportasi di Indonesia.

Pada halaman 32 dan 33, terdapat Lembar Aktivitas 4 yang mengharuskan siswa untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait perkembangan trem di Surabaya dan kaitannya dengan perubahan sosial dan ekonomi di masa itu.

Berikut ini adalah kunci jawaban untuk soal-soal yang terdapat pada halaman 32 dan 33, yang bisa digunakan sebagai panduan dalam belajar.

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA Halaman 32

1. Jelaskan perkembangan trem pada masa pemerintah Belanda hingga masa sekarang!

Perkembangan trem di Surabaya dimulai pada masa pemerintah Belanda ketika perusahaan Ooster Java Stoomtram Maatschappij (OJS) diberikan izin untuk mengoperasikan trem pada tahun 1886.

Trayek awal yang dibuka oleh OJS pada tahun 1889 meliputi rute Ujung-Sepanjang, Mojokerto-Ngoro, dan Gemekan-Dinoyo.

OJS terus memperluas jaringan trem hingga mencapai sisi barat dan pusat kota antara tahun 1913 dan 1916.

Puncak kejayaan trem terjadi pada tahun 1927, di mana trem listrik berhasil mengangkut sekitar 11,4 juta orang, sementara trem uap melayani sekitar 5,2 juta penumpang.

Namun, seiring dengan meningkatnya popularitas mobil dan moda transportasi lain, pengguna trem mulai berkurang.

Ketika pendudukan Jepang terjadi, trem sempat berhenti beroperasi selama tiga pekan akibat pengeboman instalasi listrik di dekat Malang oleh Sekutu, yang menyebabkan pemadaman listrik di Surabaya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Halaman 23