Amankah Pengidap Kanker Menyusui Bayinya? Ini Panduan Tepatnya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Jumat, 13 September 2024 | 15:30 WIB
Menyusui bagi pengidap kanker (Freepik)

Nakita.id - Menyusui adalah proses alami yang memberikan banyak manfaat baik bagi ibu maupun bayi.

Namun, bagi ibu yang didiagnosis menderita kanker, terutama kanker payudara, menyusui dapat menjadi pertanyaan yang kompleks.

Salah satu kekhawatiran utama adalah apakah menyusui aman dan bagaimana pengaruh kanker serta pengobatannya terhadap kualitas ASI dan kesehatan ibu maupun bayi.

Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan terkait menyusui bagi penderita kanker, mengutip dari Healthline.

Pengidap Kanker Menyusui

1. Jenis Kanker dan Lokasi

Jenis dan lokasi kanker sangat memengaruhi keputusan mengenai keamanan menyusui.

Kanker payudara, misalnya, yang secara langsung memengaruhi jaringan payudara, mungkin mempersulit produksi dan pemberian ASI.

Namun, kanker di lokasi lain, seperti kanker kulit atau kanker darah (leukemia), tidak selalu berdampak langsung pada kemampuan ibu untuk menyusui.

Pada kanker payudara, terutama jika perawatan seperti operasi atau radiasi dilakukan pada satu payudara, ibu mungkin tetap bisa menyusui dengan payudara yang sehat.

Namun, ini perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk memastikan keamanan dan kenyamanan.

2. Pengaruh Pengobatan Kanker terhadap ASI

Pengobatan kanker meliputi terapi yang kuat, seperti kemoterapi, radiasi, dan obat-obatan kanker lainnya, yang dapat berdampak pada kualitas ASI.

Banyak obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan kanker dapat terserap ke dalam ASI dan membahayakan bayi yang menyusu.

Baca Juga: Sussanne Khan Tuntut Tunjangan Cerai Rp840 M Tapi Masih Kompak Hibur Sahabat Pengidap Kanker Bareng Hrithik Roshan, Peluang Rujuk Besar?