Mengapa Wanita Perlu Tes Pap Smear?

By Puri, Minggu, 10 September 2017 | 20:30 WIB
Mengapa wanita perlu melakukan pap smear (Saeful Imam)

Tabloid-Nakita.com - Masih banyak wanita yang bertanya-tanya, apa manfaat yang diperoleh wanita jika melakukan tes pap smear?

Menurut Yayasan Kanker Indonesia, tes pap smear bertujuan untuk mendeteksi secara dini kanker serviks yang semakin menghantui para kaum wanita. Pap smear adalah suatu metode pemeriksaan sel-sel yang diambil dari leher rahim dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat perubahan yang terjadi pada sel tersebut.

Dengan melakukan tes pap smear secara rutin setiap tahun, maka kanker serviks dapat segera ditangani.

Baca : Ajaib! Pasta Gigi Ternyata Dapat Deteksi Kehamilan

Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan bagi wanita karena kebanyakan dari mereka baru mengetahui jika ia menderita kanker serviks saat penyakit tersebut sudah memasuki stadium lanjut.

Selain itu, perlu Ibu ketahui bahwa kanker serviks pada stadium 1  tidak menimbulkan gejala apa pun.

Celakanya, pada saat kanker serviks memasuki stadium 4, pengobatan biasa akan menjadi kurang efektif karena kanker sudah menyebar dan pengobatan menjadi sia-sia.

Karena itulah, pentingnya Ibu melakukan tes pap smear secara rutin. Akurasi pap smear tak perlu diragukan lagi.

Seperti  dikatakan oleh Organisasi Kanker Amerika meskipun akurasi hasilnya tidak sampai 100%.

Tetapi, ketelitian serta keakuratan dari pap smear mencapai lebih dari 90% yang menandakan pap smear dapat menjadi sumber referensi valid terhadap kondisi sel serviks di dalam tubuh seorang wanita.

Di usia berapa ibu sebaiknya melakukan tes pap smear? Organisasi Kanker Amerika menganjurkan, wanita berusia 21 tahun atau lebih untuk melakukan pap smear segera.

Sehingga dia bisa terhindar dari ganasnya kanker serviks yang jelas dapat merugikan banyak hal dalam hidup seorang wanita sampai dapat menyebabkan kematian.