Cara Mengukur Usia Mental Anak dengan Tepat dan Akurat

By Ipoel , Kamis, 31 Januari 2013 | 04:00 WIB
Cara mengukur usia mental anak dengan tepat dan akurat. (Pixabay/jvalley678)

Nakita.id - Ada tiga jenis usia, yaitu usia kronologis, usia mental, dan usia biologis. Usia kronologis, yaitu perhitungan usia dimulai dari saat kelahiran seseorang. Inilah patokan umum usia seseorang.

Saat ada orang bertanya, “Berapa usia anaknya, Bu?”, maka usia kronologis menjadi jawabannya. Sedangkan usia mental adalah perhitungan yang didapatkan dari taraf kemampuan mental seseorang. Bagaiman cara mengukur usia mental?

Kalau anak yang lahir 4 tahun lalu belum dapat berbicara dengan kalimat lengkap, serta menunjukkan perkembangan yang setara dengan anak berusia 1 tahun, dapat disimpulkan, usia mental anak ini adalah 1 tahun.

Baca Juga: Jangan Hanya Seorang Ibu, Dads Harus Berperan Sama Menyiapkan Bekal Masa Depan Si Kecil dengan Mengajarkan 3 Hal Penting Ini

Akan halnya usia biologis, yaitu perhitungan usia berdasarkan kematangan biologis yang dimiliki oleh seseorang.

Sering kan, kita dengar istilah “muka boros”, usia seumur jagung tapi penampilan wajah sudah seperti orang separuh baya? Demikian juga sebaliknya. Usia biologis biasanya berkaitan dengan kondisi sel dan jaringan-jaringan tubuh. Penyakit, stres, pola hidup, dan lainnya sangat memengaruhi usia biologis.