Cara Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak Usia Dini Sejak Balita

By Ipoel , Minggu, 28 Oktober 2012 | 21:00 WIB
Cara mengajarkan sopan santun kepada anak bisa dari contoh orangtua. (Pixabay/Gilmanshin)

Nakita.id - Mengajarkan sopan santun pada anak merupakan salah satu tanggung jawab orangtua. Banyak cara untuk menanamkan norma baik itu. Namun pastinya, menanamkan kebiasaan bersopan santun memerlukan proses yang panjang, membutuh konsistensi dan kesinambungan.

Jangan pernah berpikir, perilaku santun datang dengan sendirinya pada anak seiring pertambahan usianya. Kebiasaan si kecil yang berteriak-teriak setiap meminta sesuatu, tanpa disertai kata “tolong”, akan terus terbawa hingga besar bila tidak segera diluruskan.

Baca Juga: Membentuk Pribadi yang Sopan, Tata Krama Dasar Ini Wajib Orangtua Ajarkan pada Anak

Sama halnya kala ia tidak mengucapkan terima kasih sewaktu menerima pemberian atau tak mau bersalaman saat bertemu kakek nenek. Untuk itulah norma sopan santun sejak dini perlu dikenalkan orangtua kepada anak. Jangan  menyerahkan tanggung jawab ini kepada pihak sekolah.  

Menjadi contoh

Menjadi contoh sosok yang santun (role model) merupakan salah satu cara efektif dalam menanamkan sopan santun pada anak. Anak 3-5 tahun masih belajar dari contoh yang ia lihat untuk kemudian diserap dan ditirunya. Dengan memberi panutan yang baik, anak dengan mudah meniru sopan santun yang orangtua lakukan. Hal penting lainnya adalah konsistensi dan sadar kensekuensi dalam berperilaku santun.