Aneka Gangguan Kehamilan di Trimester 2

By Ipoel , Senin, 25 Mei 2015 | 05:00 WIB
Aneka Gangguan Kehamilan di Trimester 2 (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Kini kehamilan Anda masuk trimester kedua. Pemeriksaan kehamilan masih dilakukan 4 minggu sekali. Berikut aneka gangguan kehamilan di trimester 2:

1. Mual Muntah Berlebihan

Aneka gangguan kehamilan di trimester 2 antara lain ibu merasa lebih enak dan nyaman lantaran keluhan mual-muntah berkurang. Kendati ada pula yang masih mengalami morning sickness, bahkan sepanjang kehamilan yang disebut hiperemesis gravidarum.

Saran:

2. Nafsu Makan Meningkat

Ini gangguan kehamilan di trimester 2  karena kondisi psikologis ibu mulai stabil dan berkurangnya mual-muntah. Tak heran jika BB meningkat sehingga ibu pun tampak lebih gemuk. Namun ingat, jangan sampai kelebihan BB. Ibu akan mengalami kesulitan saat melahirkan nanti jika terlalu gemuk dan bayi di kandungan juga besar. Belum lagi risiko mengalami preeklamsia dan diabetes.

Saran:

Perhatikan pola makan. Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan, hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan batasi makanan/minuman tinggi gula. Jauhi makanan/minuman tidak sehat seperti soft drink, kopi, makanan berpengawet, berpewarna, atau yang mengandung zat berbahaya lainnya.

3. Garis Regangan

Ini aneka gangguan kehamilan di trimester 2  akibat membesarnya rahim, muncullah regangan kulit berwarna kecokelatan hitam (striae gravidarum), biasanya terlihat di daerah perut, payudara, panggul dan bokong. Biasanya terasa gatal.

Saran:

Biarkan saja. Toh, gejala ini akan memudar setelah bayi lahir meskipun tak akan hilang sama sekali. Sementara rasa gatal dapat diatasi dengan krim pengurang rasa gatal tapi yang tidak mengandung steroid karena dapat membahayakan janin. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.