Aturan Main Hujan-hujanan Agar Anak Enggak Sakit

By Dini Felicitas, Jumat, 9 September 2016 | 04:15 WIB
Pastikan anak terlindungi dengan jas hujan, payung, dan sepatu boots. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Main hujan-hujanan memang asyik. Tetesan air hujan yang menerpa wajah, tubuh yang basah kuyup, rasa dingin yang tiba-tiba menyergap, adalah hal-hal yang membuat anak-anak suka main hujan-hujanan.

Tapi amankah jika anak bermain hujan-hujanan? Bagaimana kalau ia sampai jatuh sakit?

Baca: Main Hujan-hujanan, Banyak Manfaatnya!

Selama kita tidak tinggal di kawasan industri di mana tingkat polusinya menyebabkan terjadinya hujan asam, kita boleh kok sesekali mengizinkan si kecil mandi hujan. Agar anak tidak jatuh sakit, ikuti aturan main hujan-hujanan berikut ini:

* Anak dalam kondisi sehat. Sekali lagi, sebelum berhujan-hujanan pastikan anak dalam kondisi sehat. Ia terlihat ceria, badannya segar-bugar, suhu tubuhnya normal, tidak ada tanda-tanda sakit seperti flu, batuk, dan lainnya.

* Hujan tidak terlalu lebat. Saat hujan lebat, petir akan menyambar objek di permukaan bumi berupa bangunan, instalasi, pepohonan tinggi, dan orang yang berada di tempat terbuka. Anak-anak yang bermain di pekarangan berisiko terkena petir.

* Pastikan lingkungan aman. Tempat bermain sebisa mungkin masih di dalam lingkungan rumah, misal di perkarangan. Pastikan kondisi di sana aman; tidak ada bebatuan yang dapat melukai kaki anak atau lantainya tidak licin.

* Peralatan antihujan. Peralatan antihujan seperti jas hujan, payung, sepatu boot, dan lainnya bisa dipakai. Peralatan ini akan membuat anak lebih bebas bermain di tengah hujan.

* Tidak usah lama-lama. Mandi hujan cukup 15-30 menit. Jika si kecil sudah terlihat kedinginan, segera ajak ia masuk ke rumah.

* Mandi lagi sesudahnya. Sementara anak bermain hujan, persiapkan handuk, peralatan mandi, baju ganti, minuman hangat, makanan ringan, dan lainnya. Begitu buah hati selesai hujan-hujanan, segera buka bajunya, bilas di kamar mandi dengan air hangat, keringkan dengan handuk, pakaikan baju hangat, kemudian beri minuman dan makanan. Tujuannya, untuk menjaga ketahanan tubuh anak agar terus sehat setelah mandi hujan.

* Ada orang dewasa yang mengawasi. Tentu kunci keamanan saat anak bermain hujan adalah adanya pengawasan. Jadi, pastikan Mama/Papa atau orang dewasa lain ada di luar dan mengawasinya menikmati mandi hujan.

Asal Mama mengikuti aturan main hujan-hujanan ini, anak-anak pasti tidak akan sakit. Selamat menikmati mandi hujan!