Menjaga Usus Tetap Sehat Bisa Cegah Osteoporosis Saat Tua, Ini Faktanya

By Fadhila Afifah, Minggu, 1 Juli 2018 | 17:18 WIB
Usus yang sehat mencegah osteoporosis di masa tua (iStockphoto)

Nakita.id - Kebanyakan orang hanya memikirkan kalsium ketika ingin mempertahankan atau membangun tulang yang kuat dan sehat.

Tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa probiotik pun memiliki fungsi yang sama dengan kalsium. 

Penelitian baru yang dilakukan di Universitas Gothenburg dan diterbitkan dalam Journal of Internal Medicine menemukan bahwa probiotik membantu mencegah keropos tulang, terutama pada orangtua.

BACA JUGA: Lakukan 4 Cara Ini, Niscaya Sakit Kepala Mengganggu Langsung Minggat!

Penelitian terkontrol plasebo (obat kosong), double-blind menemukan bahwa strain probiotik yang dikenal sebagai Lactobacillus reuteri (atau L. reuteri) efektif dalam menghindari keropos tulang menjadi setengahnya.

Ketika kita menua kita cenderung kehilangan massa tulang, tetapi para peneliti menemukan bahwa ketika perempuan di atas 70 diberi suplemen probiotik atau plasebo, perbedaannya sangat mencengangkan.

BACA JUGA: Sedang Alami Luka Atau Bengkak? Sebaiknya Hindari Konsumsi Makanan Ini

Para perempuan yang mengonsumsi suplemen probiotik kehilangan setengah kepadatan tulang sebanyak perempuan yang mengonsumsi pil plasebo.

Sementara probiotik mungkin memiliki efek perlindungan yang sama terhadap penipisan tulang pada perempuan dan pria lainnya, penelitian ini berfokus pada perempuan yang lebih tua.