Ini Syarat Jika Ibu Hamil Sembuhkan Skoliosis Lewat Terapi Non Operasi

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Kamis, 19 Juli 2018 | 13:55 WIB
Ingin sembuhkan skoliosis tanpa operasi, perhatikan hal ini. ()

Nakita.id - Seiring perkembangan teknologi yang kian canggih, operasi tidak lagi menjadi pilihan utama untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Misalnya saja skoliosis, kelainan tulang belakang abnormal yang dialami 4-5% orang di Indonesia.

Tak hanya faktor genetik, skoliosis juga disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kerap dilakukan sehari-hari.

Misalnya, duduk dan berdiri dengan posisi tidak tepat atau duduk menyilangkan kaki yang lumrah dilakukan kaum perempuan.

Kini, pasien skoliosis dapat memperbaiki kualitas hidup tanpa rasa sakit yaitu dengan menggunakan brace atau penopang tubuh.

"Kami memang tidak menganjurkan operasi ya, apalagi jika kurva atau derajat lengkungan tulangnya belum terlalu besar misalnya diatas 20' itu masih mudah untuk dikoreksi," ungkap Labana Simanihuruk, B.Sc selaku Brace & Rehab Clinician pada Nakita.id, Selasa (17/7).

BACA JUGA: Tanpa Operasi Plastik, Wajah Kencang dan Awet Muda Pakai Alat Ini

Namun, untuk kondisi tertentu Labana menganjurkan untuk menemui dokter bedah misalnya jika kurva tulang sudah melewati 60' atau pasien yang mengalami cedera tulang belakang akibat kecelakaan.

Selain itu, umur juga menjadi faktor pertimbangan untuk pasien yang memutuskan memilih terapi ini.

"Karena fase usia kita tentu memiliki target koreksi yang berbeda, tak ada batasan umur untuk memakai brace tetapi yang kita tekankan adalah tujuannya.

Misalnya untuk pasien yang sudah diatas 60 tahun, itu bukan korektif kurva lagi yang menjadi fokus kita tetapi quality of life hingga masa mendatang", jelas Labana.

Biasanya, pasien akan melewati rangkaian tahapan untuk menentukan jenis brace yang tepat agar hasil yang dicapai juga optimal.