Wow, Akibat Kaya Probiotik, Kotoran Bayi Bakal Dijadikan Suplemen!

By Soesanti Harini Hartono, Sabtu, 25 Agustus 2018 | 19:32 WIB
Peneliti dari Wake Forest School of Medicine, Amerika Serikat,  menemukan potensi feses bayi yang bisa dijadikan obat atau suplemen lantaran diklaim kaya probiotik (Thinkstock)

Nakita.id.- Mendengar kata feses, reaksi Moms bisa diduga. Pastinya akan menunjukkan reaksi jijik atau cepat menutup hidung.

Betul Moms, feses atau tinja, milik siapa pun baik dewasa maupun bayi tentu saja sangat menjijikkan dan berbau busuk.

Tapi siapa sangka jika peneliti dari Wake Forest School of Medicine, Amerika Serikat, justru menemukan potensi feses bayi yang bisa dijadikan obat atau suplemen sebab diklaim kaya probiotik.

Ya, menurut peneliti, kotoran atau feses bayi mengandung probiotik yang berpotensi sangat efektif membantu orang dengan penyakit seperti diabetes, obesitas dan kanker.

Untuk mendapatkan temuan ini para peneliti mengambil sampel dari popok 34 bayi yang sehat dan mengisolasi 10 strain bakteri.

BACA JUGA: Warna Feses Bayi Tunjukkan Kesehatannya, Ini Penjelasannya Moms

Dari hasil uji laboratorium ini peneliti menemukan bahwa campuran bakteri dalam feses bayi ini bekerja luar biasa di dalam usus.

Strain bakteri ini juga sangat baik dalam membantu tubuh memproduksi asam lemak, yang memainkan peran kunci dalam menjaga mikrobioma usus yang sehat.

"Bayi biasanya cukup sehat dan jelas tidak menderita penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti diabetes dan kanker," ujar penulis studi Dr. Hariom Yadav, asisten profesor kedokteran molekuler di Wake Forest School of Medicine dilansir Nypost.com.