Trik Agar Kembali Subur Setelah keguguran

By Gisela Niken, Rabu, 14 September 2016 | 04:00 WIB
Menjaga pola hidup sehat menjadi salah satu cara kembali subur setelah keguguran (Foto: New Kids Center) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Keguguran menjadi pengalaman buruk yang banyak di alami oleh Mama. Lebih dari 1 dari 5 kehamilan berakhir dengan keguguran. Faktor usia hingga kesehatan Mama menjadi penyebab keguguran bisa terjadi. Namun, setelah keguguran bukan berarti Mama tidak bisa hamil lagi. Ada banyak cara yang bisa Mama lakukan untuk kembali subur setelah keguguran.

Baca juga: Seberapa peluang kehamilan setelah keguguran?

Mama tak perlu merasa tidak bisa hamil lagi setelah keguguran. “Jika sudah mengalami keguguran, kesempatan untuk hamil juga masih sama,” ujar Jani Jensen,MD., salah seorang asisten profesor yang ahli dalam bidang reproduksi. Lalu, kapan Mama bisa mulai kembali hamil? Pada umumnya, Mama bisa langsung mencoba untuk hamil lagi. Namun, jika keguguran membuat masalah lain pada rahim misalnya mendapatkan kuretase, Mama perlu menunggu rekomendasi dokter. Mama yang sudah berusia 35 tahun ke atas juga perlu menunggu sekitar 3 bulan untuk hamil lagi.

Baca juga: Kapan boleh hamil lagi setelah keguguran

Agar bisa kembali subur setelah keguguran, Mama hanya perlu melakukan hal yang sama seperti sebelum keguguran. Mama perlu melakukan seks dekat dengan masa ovulasi. Melakukan seks menjelang atau sesudah masa subur sangat baik untuk meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan. Menurut Jensen, keguguran akan menimbulkan masalah pada mental dan psikis dibandingkan fisik. Untuk itu, Mama perlu menyiapkan diri untuk mencoba hamil kembali.

Mama yang mengalami keguguran cenderung mendapatkan berbagai emosi. Jadi, jangan memaksakan diri Mama untuk segera hamil kembali. Mama bisa melakukan hal-hal yang dapat membantu perbaikan emosi seperti berlibur. Jangan ragu untuk berbagi apa yang dirasakan pada pasangan. Luangkan waktu sejenak agar Mama bisa kembali siap mencoba untuk berusaha hamil.

Baca juga: Keguguran, haruskah dikuret?

Mama juga perlu menjaga pola hidup yang lebih sehat agar kembali subur setelah keguguran. Misalnya tetap makan buah dan sayur agar mencapai kenaikan berat badan yang ideal. Mama juga perlu melihat faktor lingkungan seperti polusi, paparan bahan kimia hingga radiasi. Olahraga terlalu ekstrim juga perlu dihindari karena dapat menurunkan kesuburan. Pilih aktivitas fisik yang nyaman untuk dilakukan dan tidak menguras tenaga.

Selain aktivitas fisik, kembali subur setelah keguguran juga perlu memerhatikan kesiapan psikis. Mama yang masih terlalu stres tentua akan sulit hamil. Mama bisa lo melakukan pijat atau akupuntur untuk menjadi lebih rileks dan mendapatkan banyak manfaatnya.