Ternyata, Ini 5 Penyebab Bayi Menolak ASI

By Gisela Niken, Rabu, 14 September 2016 | 23:15 WIB
Nyeri gigi dapat jadi penyebab bayi menolak ASI (Foto: Baby Center) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ketika menyusui, Mama mungkin akan mengalami masalah bayi menolak ASI. Tentu saja hal ini akan membuat Mama bingung sebab kandungan ASI yang baik untuk kesehatannya. Tak perlu cepat menyerah dengan keadaan ini sebab ada baiknya Mama mencoba untuk memahami penyebab bayi yang menolak untuk menyusu.

Baca juga: Kiat mencegah bayi menolak menyusu di masa oral

1.Bereaksi terhadap yang Mama makan

Produksi ASI juga dipengaruhi oleh makanan yang Mama konsumsi. Bisa saja bayi yang menolak ASI berarti bereaksi terhadap yang Mama makan. Misalnya Mama baru saja makan makanan pedas dan makanan dengan rasa yang kuat. Rasa ASI mungkin bisa berubah. Jika sehabis makan sesuatu yang berbeda si kecil cenderung menolak, ada baiknya menghindari makanan tersebut.

2. Perubahan hormon

Setelah melahirkan, Mama akan kembali mengalami menstruasi. Terutama menjelang bayi berusia 6 bulan. Pada masa itu, Mama akan sedikit mengurangi intensitas menyusui dan kembali meningkatkan produksi sel telur. Menstruasi akan membuat Mama mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon ini dapat mengubah rasa ASI.

Baca juga: 8 faktor pendukung ASI lancar

3.Bayi mengalami hidung tersumbat

Pilek menjadi penyakit yang umum terjadi termasuk bayi. Artinya, bayi juga sangat mungkin menderita pilek. Saat ia mengalami pilek, si kecil dapat mengalami hidung tersumbat. Saat itulah si kecil merasa kesulitan untuk menyeimbangkan antara bernapas dengan mulut atau menyusu. Jadi, ada baiknya Mama membantu mengeluarkan lendir bayi seperti menghirup uap air panas yang sudah ditetesi minyak esensial.

Baca juga: Hati-hati jangan sampai saat menyusu ASI masuk telinga, ini akibatnya!

4.Nyeri gigi atau telinga

Bayi yang menolak ASI biasanya juga sedang mengalami nyeri. Nyeri yang paling mungkin dialami adalah gigi serta telinga. Biasanya saat mulai tumbuh gigi, bayi akan tetap menyusui namun berhenti tiba-tiba karena merasa nyeri pada gusi. Coba untuk atasi nyeri gigi dengan memberinya kain lembut yang sudah diberi air dingin. Sementara untuk infeksi telinga, Mama perlu memeriksanya lebih lanjut.

5.Masalah mulut

Salah satu penyebab bayi menolak ASI adalah masalah pada area mulut. Infeksi seperti sariawan dan ruam menjadi penyalit yang umum terjadi. Jadi, jangan paksakan anak untuk menyusui jika ada bagian mulutnya yang sedang mengalami infeksi. Jika melihat ada gejala infeksi, Mama perlu langsung mengatasinya.