5 Gangguan Kehamilan Tidak Biasa yang Mungkin Terjadi pada Mama

By Gisela Niken, Senin, 26 September 2016 | 00:30 WIB
Ada banyak gangguan saat hamil yang tidak biasa dan ternyata bisa saja terjadi pada Mama (Foto: mirror.co.uk) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mulas, mual, ngidam dan merasa lelah mungkin menjadi gangguan kehamilan yang kerap terjadi. Namun, jangan salah sangka. Gangguan saat hamil tidak hanya seputar hal-hal itu saja. Ada beberapa gangguan yang dianggap tidak mungkin terjadi atau dirasa aneh namun memang bisa benar-benar terjadi. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi itu!

Baca juga: 4 gangguan kehamilan yang tidak terduga

1.Pica

Ngidam sesuatu yang aneh mungkin saja terjadi. Ngidam biasanya identik dengan makanan atau minuman. Namun, ada kalanya Mama mengalami ngidam bukan makanan seperti es, kapur bahkan sabun. Kondisi ini biasa disebut pica. Belum ada penelitian pasti yang mengungkapkan penyebab kondisi ini. Namun biasanya hal ini disebabkan oleh faktor biokimia, psikologi dan budaya.

2.Hidung tersumbat

Ibu hamil bisa saja mengalami hidung tersumbat tanpa mengalami masalah infeksi virus flu atau pilek. Sebanyak 20% hingga 30% mengalami hidung tersumbat sepanjang kehamilan. Biasanya kondisi ini disebut rhinitis kehamilan. Kondisi ini bisa saja terjadi dari awal kehamilan hingga akhir kehamilan.

Baca juga: 5 gangguan kehamilan yang umum terjadi serta solusinya

3.Air lur berlebihan

Wah ternyata ibu hamil mungkin saja mengalami produksi air liur yang berlebihan. Biasanya Mama akan cenderung terus menerus meludah. Produksi air liur berlebihan ini biasanya terjadi pada awal kehamilan. Perubahan hormonal dan rasa mual di awal kehamilan bisa menjadi penyebab gangguan kehamilan yang tidak biasa ini. 

4.Sesak napas

Beberapa ibu hamil bisa saja mengalami kesulitan napas. Sistem pernapasan bisa saja terganggu terutama saat di awal kehamilan. Kondisi ini bisa saja disebabkan proses adaptasi tubuh terhadap kehamilan. Masalah pernapasan juga bisa disebabkan oleh napas yang tersengal-sengal atau napas pendek-pendek. Biasanya Mama yang kelelahan akan mengalami kondisi ini.

Baca juga: 4 gangguan pencernaan saat hamil

5.Pusing

Ternyata gangguan saat hamil bisa saja datang dari masalah sederhana seperti pusing. Kondisi ini bisa saja teradi sepanjang kehamilan lo, Mam. Selama kehamilan sistem kerja jantung dan tekanan darah mengalami perubahan. Tekanan darah dan pasokan darah saat hamil cenderung meningkat. Mama bisa mengalami pusing saat tubuh tidak mampu mengikuti perubahan ini.