5 Kalimat yang Perlu Mama Ucapkan Agar Anak Percaya Diri

By Gisela Niken, Selasa, 27 September 2016 | 04:45 WIB
5 Cara Menumbuhkan Percaya Diri pada Anak Laki-Laki (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kepercayaan diri sangat penting dan perlu untuk diterapkan pada si kecil sejak dini. Dengan rasa percaya diri, anak akan memiliki kehidupan sosial yang baik serta membantunya meningkatkan kecerdasan. Sayangnya tak banyak anak yang berani menunjukkan dirinya dan cenderung malu-malu. Mama bisa membantuk agar anak percaya diri. Cukup rajin ucapkan kalimat berikut ini pada anak.

Baca juga: 3 tanda si kecil kurang percaya diri

1.Kamu pasti bisa melakukannya

Biasanya anak akan melapor atau menunjukkan pada Mama bahwa ia tidak bisa melakukan sesuatu. Mama hanya perlu mengajarkan kata bisa. Misalnya saat mencoba untuk berenang, biarkan ia mencoba terlebih dahulu. Tekankan pada anak bahwa keberhasilan tidak bisa terjadi pada satu kali. Kegagalan saat mencoba pertama kali memang wajar terjadi. Kondisi ini akan membantu anak agar terus berusaha. Dengan mengatakan kata pasti, hal ini akan memberikan stimulus pada anak untuk tetap bertahan dan sukses.

Baca juga: Yang merusak rasa percaya diri anak

2.Kamu terlihat puas

Cobalah untuk mendorong anak mengevaluasi apa yang mereka lakukan. Hargai setiap apa yang bisa mereka lakukan dan biasakan memberinya penghargaan terhadap hal tersebut. Biarkan mereka mengetahui bahwa usaha keras dan dilakukan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan hasil yang memuaskan dan menggembirakan. Misalnya saat ia berhasil menulis namanya, beri pujian dari usahanya.

3. Apa yang bisa kamu lakukan?

Saat anak menemui hal-hal sulit dorong anak untuk berpikir apa yang bisa ia lakukan. Misalnya saat ia kesulitan menuangkan air ke gelas. Beri ia dorongan untuk memikirkan apa yang bisa dilakukan. Beri petunjuk misalnya gunakan dua tangan. Hal ini akan membantu anak terbiasa menyelesaikan masalahnya tanpa rasa takut.

Baca juga: Menumbuhkan rasa percaya diri anak dari rumah

4.Tenang ada Mama di sini

Ada banyak studi yang menunjukkan bahwa anak yang mengetahui ada dukungan untuk dirinya akan membuat anak menjadi merasa layak dan kuat. Kondisi ini akan membuat rasa percaya dirinya terbangun. Untuk itu, pastikan dukungan Mama ada untuk si kecil agar anak mengetahui bahwa ada Mama yang memperkuat dirinya.

5.Mama akan mendengarkan

Mama tidak hanya memaksa anak untuk mendengarkan apa yang Mama katakan. Mama juga perlu membiarkan anak berbicara dan Mama mendengarkan agar anak percaya diri. Mama yang mau mendengarkan akan membuat anak merasa ada yang dihargai dan mendukungnya.