Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Memuji Anak

By Gisela Niken, Senin, 3 Oktober 2016 | 07:15 WIB
5 Tanda Mama Terlalu Memanjakan Anak (Dini)

Tabloid-Nakita.com – Semua orangtua pasti ingin memuji anak karena apa yang ia lakukan. Namun, jangan sembarangan saat memuji anak. Ternyata, ada beberapa bahaya memuji anak. Bahaya ini bisa terjadi jika Mama melakukan hal-hal berikut. Memuji yang berlebihan misalnya dapat membuat anak menjadi sosok yang sombong dan mudah puas dengan keadaan.

Baca juga: Kiat beri pujian untuk anak

1.Memuji tanpa alasan

Memuji tanpa alasan akan membuat anak mudah puas dan merasa pintar di bidang tertentu. Kondisi ini akan membuat anak sulit mengatasi tantangan-tantangan berikutnya yang mungkin saja jauh lebih sulit. Jadi, jangan terbiasa mengomentari hal-hal yang positif tanpa ada hal yang benar-benar hebat yang ia lakukan. Justru Mama perlu memberinya kata-kata dorongan agar ia bisa menjadi lebih baik.

2. Memuji hal yang normal terjadi

Saat anak sudah terbiasa bermain bola kemudian ia berhasil menendang bola, jangan berikan pujian yang berlebihan seperti “Kamu penendang bola terbaik.” Mama perlu memberinya pujian pada hal-hal yang spektakuler agar anak mencoba untuk menggapai hal luar biasa tersebut setiap saat. Jika terlalu banyak memuji, anak akan sulit menerima keadaan bahwa ada saatnya mereka tidak bisa mencapai hal-hal yang biasanya mereka bisa lakukan.

Baca juga: Dampak negatif terlalu sering memuji anak

3. Memuji sambil membanding-bandingkan dengan orang lain

Mama boleh saja memuji apa yang menjadi kemampuan uniknya. Misalnya anak pandai menari dan memujinya dan menganggapnya terbaik di antara anak yang mampu menari lainnya. Jangan membuat anak merasa jadi yang terbaik di sebuah bidang karena akan membebaninya. Ingat bahwa setiap anak punya kelebihan dan talentanya masing-masing. Si kakak atau si adik pasti memiliki kesukaan dan kemampuan yang berbeda-beda.

4.Memuji di depan kakak atau adik

Terlalu memuji si kakak atau si adik akan membuat persaingan antar saudara. Tentu saja kondisi ini akan membahayakan hubungan antara kakak dan adik. Mama perlu menjaga agar si kakak maupun adik sama sama melakukan usaha yang terbaik agar menjadi pribadi yang sama sama sukses dengan bidangnya masing-masing.

Baca juga: 5 tanda Mama terlalu memanjakan anak

5.Memuji hanya sebatas perkataan saja

Banyak Mama yang memutuskan untuk memuji anak hanya sebatas agar anak senang. Padahal tidak ada hal yang ia lakukan atau hal yang ia lakukan biasa saja. Bahaya memuji anak dengan kondisi ini akan membuat anak merasa terdorong lalu menjadi mundur akibat menyadari bahwa apa yang ia lakukan ternyata bukan hal yang pantas dipuji.