Susah Hamil Karena Faktor Keturunan, Apakah Bisa?

By Gisela Niken, Selasa, 11 Oktober 2016 | 02:30 WIB
Apakah mungkin susah hamil karena faktor keturunan? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Jika Mama ingin mencoba hamil, Mama tidak hanya memerlukan persiapan fisik maupun persiapan untuk masa depan yang lebih jauh. Ternyata, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah riwayat kesehatan keluarga Mama dan juga Papa. Meskipun tidak seluruh masalah kesuburan disebabkan oleh riwayat keluarga, susah hamil karena faktor keturunan mungkin saja terjadi. Maka, penting bagi Mama untuk mengetahui beberapa hal berikut seputar riwayat kesehatan keluarga.

Baca juga: Penyebab vagina kering yang bikin susah hamil

Sebelum hamil cobalah untuk berbicara dengan Mama atau bahkan nenek mengenai kehamilan mereka. Cobalah cari tahu seberapa mudah atau sulit mereka untuk hamil. Jika sulit bisa jadi hal tersebut juga terjadi pada Mama. Tidak hanya peluang kehamilan, Mama juga perlu menanyakan masalah-masalah saat kehamilan. Misalnya seberapa efek kehamilan seperti muali di pagi hari dan mulas.

Baca juga: Infeksi serviks bikin susah hamil

Faktor keturunan juga memengaruhi kemungkinan komplikasi seperti preeklamsia dan diabetes. Kesannya faktor-faktor di atas agak menakuti Mama ya. Namun, Mama perlu mengetahuinya sejak awal sehingga Mama bisa melihat risiko kehamilan yang dihadapi. Kondisi ini juga membantu Mama untuk memersiapkan diri secara fisik dan mental. Kelahiran kembar juga cenderung genetik. Maka, Mama yang ingin hamil kembar bisa melihat faktor keturunan.

Kondisi bayi juga sangat mungkin disebabkan oleh faktor keturunan dari gen Mama atau Papa. Tidak hanya kesehatan saja, kepribadian serta sikap si kecil juga dipengarhi oleh faktor keturunan. Maka, pengetahuan tentang risiko kesehatan juga penting untuk memantau kesehatan bayi. Cari tahu apakah ada kelainan kromosom atau kelainan gen dalam riwayat kesehatan keluarga.

Baca juga: 10 perlengkapan rumah tangga yang menyebabkan susah hamil

Jika telah mengetahui penyebab susah hamil karena faktor keturunan, ada baiknya Mama langsung menghubungi dokter tanpa perlu menunggu waktu lama. Kelainan kromosom atau gen juga perlu dikonsultasikan karena kondisi ini berpotensi menyebabkan anak cacat. Mama bisa mendapatkan cara untuk mencegah terjadinya risiko masalah kesehatan. Tidak hanya menjadi cepat hamil, Mama juga menjadi memiliki kehamilan yang lebih sehat..