Berapa Banyak Baju Bayi yang Harus Dibeli? Ini Panduannya!

By Utami Sri Rahayu, Selasa, 11 Oktober 2016 | 03:45 WIB
Baiknya, berapa banyak baju bayi yang harus dibeli? (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Mama sedang berencana berbelanja perlengkapan bayi menjelang kelahiran si kecil? Saat berbelanja, buatlah daftar barang yang harus dibeli. Jadikan itu sebagai pedoman agar tidak berbelanja berlebihan.

Meski banyak baju ukuran bayi baru lahir, lebih baik beli baju ukuran bayi 3 bulan. Baju itu umumnya tidak terlalu besar, namun bisa terpakai dalam rentang waktu lebih lama. Mengenai berapa banyak baju bayi yang harus dibeli, yang patut menjadi pertimbangan adalah frekuensi mencuci baju.

Bila kita mencuci setiap hari, tak perlu merasa khawatir karena pasti ada baju/popok yang kering dan dapat digunakan untuk ganti. Sebaliknya, jika kebiasaan kita adalah membawa ke binatu tiap 2 hari sekali, maka kita wajib menghitung stok agar tidak terjadi kekosongan.

Sekadar sebagai panduan, ini jumlah baju bayi yang harus disediakan:

1. Baju (5—7 pasang) Pilih baju terusan dengan kancing depan agar mudah dilepas-pakai. Pastikan bahannya menyerap keringat. Variasikan dengan model two pieces, atasan (berlengan maupun tanpa lengan) dengan celana (panjang atau pendek).

2. Kaus (4—7 lembar) Pilih kaus dengan kancing bahu, sehingga mudah dalam memakaikan.

3. Legging atau celana panjang (5—7 buah) Siapkan legging berpenutup kaki untuk persiapan bila bayi diajak bepergian. Pastikan legging tidak terlalu ketat.

4. Jaket atau baju hangat (1 buah) Umumnya bayi jarang bepergian. Baju hangat atau jaket hanya dipakai sesekali saat hendak bepergian.

5. Piyama (4—7 pasang) Tidak perlu terlalu memilih model. Pastikan saja piyama itu simpel, mudah dilepas/dipakaikan. Variasikan dengan bagian kaki yang berpenutup.

6. Selimut tipis/bedong (minimal 24 lembar) Bayi baru lahir memiliki refleks terkejut (refleks Moro) yang biasanya ditandai dengan tangan dan kakinya bergerak tiba-tiba saat ia tidur. Nah, membedong bayi (dengan tidak terlalu ketat) bisa membuat bayi lebih nyaman dan lebih lelap saat tidur.

7. Kaus kaki dan alas kaki (2—3 pasang) Kaus kaki/alas kaki yang menyerupai sepatu bisa digunakan bayi saat cuaca dingin/berpergian. Di rumah si kecil tidak perlu menggunakan kaus kaki. Bertelanjang kaki justru dapat merangsang saraf-saraf pada kaki bayi.

8. Topi (1—2 buah) Topi berbahan lembut dan berbentuk lebar bisa menjadi pelindung bayi dari panas matahari.

Sudah jelas kan Mam, jumlah baju bayi yang harus dibeli? Semoga bisa jadi panduan belanja Mama, ya.

Narasumber: Zr. Friska Ika Sari, AMK (Kaperu KBBL) RS Hermina Galaxy, Bekasi