Trik Mudah Mengatasi Nyeri Tulang Rusuk Kala Hamil Tua

By Gisela Niken, Kamis, 17 November 2016 | 21:45 WIB
Ada cara mudah dan aman untuk mengatasi nyeri tulang rusuk saat hamil (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat menginjak trimester kedua hingga ketiga, nyeri tubuh menjadi hal yang sering Mama alami. Salah satu bagian tubuh yang kerap mengalami tubuh antara lain pada tulang rusuk. Saat hamil, Mama tidak bisa mengonsumsi obat pereda nyeri secara tidak beraturan. Terdapat beberapa cara aman untuk mengatasi nyeri tulang rusuk saat hamil.

Baca juga: Nyeri payudara di awal kehamilan

Nyeri tulang rusuk saat hamil biasa disebabkan oleh perubahan hormon. Saat hamil, tubuh akan memproduksi hormon relaxin. Hormon ini akan membantu otot merenggang pada bagian perut dan pinggul agar janin bisa berkembang di dalam tubuh. Dampak perenggangan itulah yang menyebabkan nyeri pada bagian tulang rusuk. Mama akan merasa ada bagian tubuh yang posisinya tidak tepat. Pertumbuhan janin juga akan menekan ke atas dan bawah sehingga tulang rusuk menjadi nyeri.

Saat mengalami nyeri pada tulang rusuk sebaiknya Mama menggunakan pakaian hamil yang nyaman dan longgar. Pastikan Mama bisa bernapas dengan pakaian yang digunakan. Pakaian yang terlalu ketat akan membuat tekanan pada tulang rusuk semakin besar. Selain pakaian, Mama juga perlu menggunakan ukuran bra yang pas. Jika ukuran payudara jadi membesar, sebaiknya gunakan bra yang mengikuti pertumbuhan payudara.

Baca juga: Tip atasi nyeri perut saat hamil

Ubahlah postur tubuh Mama untuk tidak terlalu tegang. Cobalah mencari sandaran di belakang untuk memberikan ruang pada bagian dada dan perut. Duduk terlalu tegang ataupun terlalu bungkuk akan membuat bagian perut menjadi memiliki ruang yang lebih kecil. Saat duduk Mama bisa menggunakan bantal sehingga Mama bisa bersandar dengan lebih santai.

Baca juga: Mengatasi nyeri payudara saat hamil

Cara lain untuk mengatasi nyeri tulang rusuk saat hamil adalah latihan pernapasan. Cobalah untuk mengambil napas dalam sambil mengangkat tangan. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit dan juga stres. Posisi duduk dan tidur yang tepat juga dibutuhkan jika sedang mengalami nyeri pada tulang rusuk. Hindari terlalu banyak membungkuk. Tidur dengan posisi miring juga mengurangi rasa nyeri pada tulang rusuk. Mama juga perlu meluangkan waktu untuk berjalan sebentar untuk menghindari waktu duduk yang terlalu lama.