Ternyata, Ini Kondisi Rahim yang Jadi Penyebab Posisi Janin Sungsang

By Gisela Niken, Selasa, 29 November 2016 | 03:45 WIB
5 Kebiasaan yang Dapat Mengubah Posisi Janin Sungsang Jadi Normal (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Posisi janin sungsang menjadi masalah yang kerap terjadi pada ibu hamil. Kehamilan dengan posisi sungsang biasanya terjadi ketika posisi janin tidak berubah untk siap lahir. Pada kehamilan normal, kepala bayi akan berada di bawah untuk bersiap-siap lahir. Terdapat beberapa penyebab posisi janin sungsang yang perlu Mama ketahui. Ada beberapa risiko yang meningkatkan peluang posisi janin menjadi sungsang.

Baca juga: Melahirkan normal bayi sungsang

Mama yang mengalami posisi janin sungsang biasnaya disebabkan oleh Mama yang mengalami kehamilan sudah beberapa kali. Mama yang hamil kembar juga meningkatkan risiko janin sungsang. Sementara Mama yang memiliki kelahiran prematur pada kehamilan sebelumnya juga bisa menyebabkan posisi janin menjadi sungsang di kehamilan yang sekarang.

Cairan ketuban juga ternyata berpengaruh pada posisi janin. Cairan ketuban yang terlalu banyak atau sedikit dapat menyebabkan posisi janin jadi tidak normal. Janin yang tidak memiliki ruang ekstra untuk bergerak karena ketuban terlalu banyak. Selain itu, janin tidak bisa bergerak karena tidak cukup air ketuban dalam rahim. Mama yang mengalami bentuk rahim tidak normal juga berisiko mengalami sungsang.

Baca juga: Ini penyebab janin melintang atau sungsang

Lalu kapan Mama bisa mengetahui posisi janin sungsang? Bayi tidak dianggap sungsang sampai sekitar usia 35 hinga 36 minggu. Pada usia kehamilan ini, janin biasanya mulai bergerak ke bawah untuk masuk ke dalam posisi persiapan sebelum melahirkan. Jika pergerakan ini terjadi sebelum usia 35 minggu, Mama tak perlu khawatir karena tak ada masalah yang berarti. Biasanya dokter akan melihat posisi sungsang dengan bantuan USG.

Baca juga: Janin sungsang, bisakah Mama melahirkan normal?

Dari penyebab posisi janin sungsang, apakah akan membahayakan kehamilan? Kehamilan sungsang pada umumnya tidak berbahaya sampai saatnya bayi akan lahir. Posisi sungsang akan berisiko lebih tinggi untuk janin terjebak pada jalan lahir. Biasanya posisi janin sungsang akan lebih aman dengan kelahiran aesar. Proses melahirkan normal dengan posisi janin sungsang menjadi lebih sulit.