Nakita.id - Ternyata kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan dengan lingkungan cukup besar Moms.
Hal ini diketahui dari survei global tahunan, Tetra Pak Index 2019 dengan tema "The Convergence of Health & Evironment".
Survei tersebut dilakukan di lima negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Brazil, dan Indonesia dengan kolaborasi bersama Ipsos yang mengambil 1.000 responden di masing-masing negara.
Baca Juga: Mampu Gelar Pernikahan Mewah di Atas Kapal Pesiar, Suami Yuanita Christiani Ternyata Tetap Harus Kerja Keras di Rumah karena Alasan Ini
Di Indonesia, mayoritas responden terkonsentrasi pada kawasan padat penduduk, khususnya Jawa.
Secara umum, Tetra Pak Index 2019 telah menemukan bahwa konsumen saat ini telah memahami bahwa kesehatan pribadi konsumen dan kelestarian lingkungan saling terhubung satu sama lain.
“Karakteristik unik budaya Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika merupakan salah satu latar belakang mengapa survei global ini memilih Indonesia sebagai salah satu negara kunci.
Adapun secara aspek kesehatan, Indonesia menempati satu dari lima negara penderita diabetes tertinggi.
Sedangkan secara lingkungan, permasalahan sampah plastik juga telah menjadi sorotan internasional.” jelas Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos Indonesia, Kamis (31/10/2019).
Sementara Michael Wu, Managing Director Tetra Pak Malaysia, Singapore, Philippines, & Indonesia menjelaskan hal lain.
“Secara global laporan Tetra Pak Index 2019 memperlihatkan bahwa industri makanan minuman adalah salah satu industri pertama yang melihat adanya konvergensi antara kesehatan dengan lingkungan.
Hal ini memberikan peluang baru bagi industri makanan minuman untuk menciptakan hubungan personal dengan konsumen dan mengatasi kedua hal ini pada saat yang sama.”
Lebih lanjut ia berharap bahwa peluncuran Tetra Pak Index 2019 dapat menjadi referensi bagi para pelaku industri makanan minuman Indonesia untuk memenangkan tren konvergensi kesehatan dan lingkungan di masa depan.
Melalui Tetra Pak Index 2019 “The Convergence of Health & Environment Indonesia” perusahaan telah memaparkan beberapa referensi gaya hidup yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pribadi sekaligus menjaga kelestarian lingkungan, seperti:
- 82% konsumen Indonesia setuju bahwa akan terjadi kerusakan lingkungan dan dapat ditangani jika kita segera mampu mengubah kebiasaan yang ada saat ini.
- Adanya kesadaran dan ambisi konsumen yang tinggi untuk menjadi sehat sekaligus melindungi lingkungan, dimana 86% konsumen menganggap penting gaya hidup sehat dan 80% konsumen setuju untuk hidup dengan dampak lingkungan yang minimal.
- Perilaku daur ulang di Indonesia belum banyak diterapkan, hanya 42% konsumen Indonesia yang mendaur ulang produk yang telah dipakai.
- 45% konsumen Indonesia telah berkeinginan untuk mengurangi pembelian dan pemakaian plastik.
Terkait dengan preferensi produk-produk makanan dan minuman di Indonesia saat ini, Gabrielle Angriani, Communication Manager Tetra Pak Malaysia, Singapore, Philippines & Indonesia menjelaskan hal tersebut.
“Berdasarkan survei, rasa tanggung jawab individu terhadap lingkungan dan kesehatan di Indonesia termasuk tinggi.
Sejumlah 84 % konsumen merasa dirinya bertanggung jawab atas kesehatan lingkungan dan sebanyak 83% merasa bertanggung jawab atas kesehatan pribadi.
Berdasar survei, di indonesia terdapat lima karakteristik makanan minuman yang dapat menjawab kebutuhan kesehatan konsumen dan kesehatan lingkungan, seperti:
1) Bahan – bahan alami (65%),
2). Tanpa bahan pengawet (55%),
3). Organik (54%),
4). Kemasan yang dapat didaur ulang (44%),
5). Kemasan yang bisa digunakan/diisi kembali (37%).”
Tidak hanya berdiskusi mengenai produk-produk makanan minuman yang baik bagi kesehatan pribadi dan kelestarian lingkungan, Tetra Pak Index 2019 juga menekankan pentingnya peran aspek kemasan di setiap aktivitas konsumsi masyarakat.
Pemilihan kemasan sebaiknya memerhatikan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab dan memastikan daur ulangnya pasca konsumsinya dilakukan secara tepat.
Source | : | Siaran Pers |
Penulis | : | Cecilia Ardisty |
Editor | : | Nita Febriani |
KOMENTAR