Nakita.id - Kemudahan berbelanja secara online di Indonesia sudah berkembang, maka tak jarang segala kebutuhan dengan mudah didapatkan melalui ponsel pintar kita.
Selain itu, berbelanja online memudahkan bagi Moms yang tak punya waktu lebih untuk membeli kebutuhan rumah.
Salah satu kebutuhan yang akan selalu Moms beli adalah bahan pokok seperti minyak goreng, gula, dan sebagainya.
Memudahkan Moms untuk membeli bahan pokok kini hadir Bliblimart berlokasi di Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat.
Bliblimart merupakan perwujudan konsep omnichannel Blibli.com, sebuah toko bersifat cashless dan cashierless didukung teknologi Scan & Go menggunakan aplikasi Blibli.com kemudian melakukan pembayaran melalui GoPay atau BliPay.
Mengapa Blibli.com memutuskan terjun ke Fast Moving Consumer Goods (FMCG)?
Baca Juga: Disebut-sebut Sudah Sampai Indonesia, Inilah Usia Rentan Terjangkit Virus Corona
"Pertama potensi pasarnya sudah pasti. Data terakhir kita lihat, Indonesia itu kondisi pasarnya di USD2008 jadi satu persen dari market itu sekitar dua billion.
Nah kenapa kita pakai satu persen karena berdasarkan data dari 2019 kemarin dari Nielsen potensi pasar groceries ada di satu persen jadi sangat besar sekali marketnya thats why kita melihat ini suatu industri kita ingin bermain," ucap Fransisca Krisantia Nugraha, Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com, Selasa (28/1/2020).
Lantas apa kunci untuk memenangkan hati konsumer ketika membentuk Bliblimart ini?
"Pertama harga, kebanyakan pengguna e-commerce adalah milenial, maunya banyak, murah, dan cepat. Thats why kita punya strategi harga yang baik," ucap Kris.
"Kedua kenyamanan, service yang kita berikan harus nyaman buat pelanggan kemudian pengiriman yang cepat.
Tapi setelah kita melakukan riset kita lihat juga sebenarnya milenial tidak hanya membutuhkan fast delivery tetapi what they need adalah delivery with convenience time atau delivery yang sesuai kita mau," jelasnya.
Selain itu, Kris juga menjelaskan kualitas groceries di Bliblimart baik dan produk yang mereka jual lengkap.
Terakhir memberikan seamless shopping experience yaitu aplikasi tak mudah eror.
Di sisi lain, Bliblimart menghadirkan fitur inovatif yaitu Pengiriman Otomatis dan Berlangganan Produk.
Pengiriman Otomatis memungkinkan Moms untuk memilih waktu penerimaan barang belanjaan.
Berlangganan produk mengatur kebutuhan rumah tangga yang Moms sering beli agar terpesan secara otomatis.
Sherwin Sasmita, Vice President of Development menjelaskan penggunaan data dalam Bliblimart.
"Dari data kita bisa tahu segmentasi pasar. Dari online kita tahu bahwa oh di daerah Jakarta yang banyak dibeli itu apa. Di daerah tertentu itu apa. Kita akan masukan stoknya di masing-masing daerah.
Jadi kita tahu oh di daerah tertentu yang laku itu barang ini. Pada saat kita stok barangnya untuk make sure sehingga ketika customer belanja itu ada barangnya," jelas Sherwin.
Perempuan Inovasi 2024 Demo Day, Dorong Perempuan Aktif dalam Kegiatan Ekonomi Digital dan Industri Teknologi
Penulis | : | Cecilia Ardisty |
Editor | : | Poetri Hanzani |
KOMENTAR