Nakita.id - Kita tak pernah tahu kalau suatu waktu akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Misalnya, kecelakaan kerja atau terserang penyakit berat seperti penyakit jantung.
Terlebih, di masa pandemi saat ini yang mana banyak hal tak terduga terjadi, dan salah satunya adalah terpapar Covid-19 sehingga membutuhkan perawatan intensif.
Dan tanpa asuransi, segalanya akan terasa sangat sulit termasuk keadaan finansial yang menjadi semakin sulit hanya untuk membayar biaya perawatan saja.
Maka dari itu, banyak masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya memiliki asuransi.
Hal ini ditunjukkan dalam data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bahwa pada kuartal I 2021, jumlah polis asuransi jiwa meningkat sebesar 1,8% atau sebanyak 17,78 juta year on year (yoy).
Sedangkan, polis perorangan tumbuh 2,7% yoy menjadi 17,24 juta.
Kemudian, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menunjukkan bahwa penetrasi industri asuransi nasional terus meningkat selama pandemi, dan hingga Juli 2021 tingkat penetrasi asuransi mencapai 3,11%.
Meski kesadaran akan pentingnya asuransi meningkat, pemahaman yang baik akan produk asuransi yang dimiliki juga perlu disampaikan untuk nasabah maupun calon nasabah, demi menjamin pengalaman berasuransi yang optimal.
Untuk menjawab hal tersebut, Allianz Life Indonesia menghadirkan "Media Workshop: Life and Health Insurance 101" yang diadakan pada Senin, 8 November 2021.
Melansir Press Release (8/11/2021), workshop ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan literasi seputar asuransi, mulai dari hal-hal mendasar terkait asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.
Juga, apa yang harus diketahui oleh masyarakat sebelum dan sesudah memutuskan untuk membeli asuransi.
Dalam sambutannya, Karin Zulkarnaen selaku Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bentuk wujud nyata Allianz dalam memperluas jangkauan edukasi terkait produk dan layanan asuransi kepada masyarakat Indonesia.
“Melalui berbagai kegiatan, kami berkomitmen untuk terus mengedukasi nasabah dan masyarakat akan pemahaman terkait asuransi maupun literasi keuangan secara lebih luas. Dengan melibatkan rekan media yang memiliki peranan penting dalam proses informasi dan sosialisasi, kami berharap upaya bersama ini dapat mewujudkan kesadaran berasuransi yang semakin meningkat di Indonesia,” ujar Karin dalam sambutannya.
Materi dalam workshop ini diisi Aditya Sumirat selaku Agency Program Head Allianz Life Indonesia, dan Sukarno selaku Head of Health Product Marketing and Service Development Allianz Life Indonesia.
Materi yang pertama diisi oleh Aditya Sumirat yang menyampaikan informasi terkait asuransi jiwa.
Aditya membahas tentang macam-macam pembagian asuransi jiwa, pihak-pihak yang tercantum dalam polis asuransi, urutan penting dalam proses pembelian asuransi, hingga hal penting yang perlu diperiksa saat membaca polis asuransi.
Lalu, materi yang kedua diisi oleh Sukarno yang menyampaikan informasi terkait asuransi kesehatan.
Dalam materi, dibahas tentang jenis dan fungsi dari asuransi kesehatan, waktu terbaik untuk memiliki asuransi kesehatan, serta perlindungan atas risiko Covid-19 dalam asuransi kesehatan.
Berbagai manfaat dari berasuransi memerlukan kecermatan sekaligus pemahaman dari nasabah maupun calon nasabah, untuk dapat memberikan perlindungan maksimal sesuai dengan kebutuhan.
Dan Allianz berharap, agar dapat selalu berkomitmen sebagai pioner dalam memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya memilih dan memiliki produk asuransi sebagai perlindungan jiwa dan kesehatan di masa yang akan datang.
Yuk, jangan ditunda terus-terusan!
Miliki asuransi dari sekarang demi kenyamanan masa depan!
L'Oreal Bersama Perdoski dan Universitas Indonesia Berikan Pendanaan Penelitian dan Inovasi 'Hair & Skin Research Grant 2024'
Source | : | Press Release |
Penulis | : | Shannon Leonette |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR