Nakita.id - Pandemi Covid-19 memberikan perubahan dalam kehidupan manusia.
Virus Corona yang menyebar dengan sangat cepat mengharuskan kita untuk bisa menyesuaikan diri dalam kehidupan baru.
Saat pandemi melanda di Indonesia, para karyawan diwajibkan bekerja di rumah masing-masing.
Cara ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang dikhawatirkan terjadi di kluster perkantoran.
Beberapa perusahaan pun wajib menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).
Sudah hampir dua tahun namun rupanya masih banyak kantor yang memberlakukan WFH hingga sampai saat ini.
Tetapi, terlalu lama bekerja dari rumah membuat para karyawan kerap dilanda rasa jenuh dan bosan.
Maka dari itu, sangat penting untuk menciptakan suasana ruang kerja yang lebih aman sehingga bisa tetap produktif.
Dilansir Archify tips berikut ini bisa dicontoh para karyawan yang sedang menjalani WFH agar ruang kerja jadi lebih nyaman.
Pisahkan ruangan
Ruang khusus untuk bekerja memang harus dipisahkan dari ruangan lainnya seperti kamar tidur dan ruang tamu.
Hal ini dilakukan karena ruangan kerja yang terpisah membuat para pekerja jadi lebih fokus pada hal yang sedang dikerjakan.
Ruang kerja yang terhubung dengan ruangan lain tak jarang membuat orang sulit berkonsentrasi karena mungkin ada anggota keluarga lain yang melakukan aktivitas sehingga mengalihkan perhatian.
Namun jika tidak memiliki ruangan, Moms bisa memaksimalkannya dengan mengubah salah satu sudut menjadi ruang kerja tetapi tetap tersedia internet, listrik, atau hal lain yang menunjang pekerjaan.
Desain ruangan sesuai dengan profesi
Desain ruangan kerja perlu disesuaikan dengan profesi pekerjaan karena akan memengaruhi ukuran meja yang dibutuhkan.
Salah satu contohnya misalkan seorang arsitek tentu membutuhkan meja yang lebih besar untuk menggambar.
Sedangkan seorang akuntan hanya membutuhkan ruangan untuk komputer, sesuaikan juga warna cat untuk menambah semangat saat bekerja.
Usahakan ruangan kerja selalu rapih
Ruangan kerja yang ditata dengan rapih tentu akan memengaruhi kinerja seseorang.
Pastikan untuk menyimpan dokumen penting di tempat yang aman yang jauh dari jangkauan anak-anak.
Jangan sampai dokumen berserakan, yang dikhawatirkan hilang saat sedang dibutuhkan.
Jangan meletakan benda-benda yang tidak perlu di atas meja, menumpukkan barang-barang tak hanya bikin berantakan tetapi bisa mempersempit ruangan kerja.
Perhatikan sirkulasi udara dan pemandangan
Sama seperti saat bekerjadi kantor, ruangan kerja di rumah pun harus memiliki sirkulasi udara yang baik.
Pastikan ruangan memiliki bukaan dan ventilasi, jika diperlukan pasang AC untuk mendinginkan area ruang kerja.
Selain itu, Moms juga membutuhkan pemandangan yang luas untuk merileksasikan mata yang lelah dengan memberikan dekorasi, tetapi jika Moms tipe orang yang membutuhkan banyak fokus ruang kerja yang polos pun tidak ada masalah.
Social Bella 2024, Dorong Inovasi dan Transformasi Strategis Industri Kecantikan Indonesia
Source | : | Archify |
Penulis | : | Ruby Rachmadina |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR