Nakita.id - Bagaimana sih caranya untuk memulai promosi UMKM yang baik dan benar?
Moms yang baru saja memulai atau sedang berencana mendirikan UMKM sendiri wajib simak yang satu ini.
Merintis Usaha Mikro Kecil Menengah memang susah-susah gampang.
Ada naik dan turunnya yang harus Moms hadapi dan perlu kesabaran saat menghadapinya.
Merencanakan usaha juga perlu dibarengi dengan strategi pemasarannya.
Hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mencari cara untuk mempromosikan barang dagangan?
1. Bangun personal branding bisnis
Apa kegunaan dari produk yang Moms jual? Apa saja keunggulannya? Siapa yang bisa menggunakan produk tersebut?
Dari pertanyaan inilah, citra diri produk atau personal branding bisnis bisa dibangun.
Saat hendak mempromosikan produk yang Moms hendak jual, pastikan pertanyaan-pertanyaan tadi sudah terjawab.
Keunggulan merupakan pertanyaan yang cukup krusial dalam mempromosikan produk.
Keunggulan suatu produk bisa menarik perhatian orang untuk membeli produk milik kita, apakah karena kualitas bahannya yang tinggi, harganya yang murah, mudah didapat, dan lain-lain.
Untuk menganalisisnya, Moms bisa juga menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, thread).
Dari analisis tersebut, Moms bisa mengetahui apa saja yang bisa dikurangi dari weakness (kelemahan) produk Moms dengan mempertahankan strength (kekuatan).
Sedangkan, thread (ancaman) bisa diatasi dengan menggunakan opportunity (peluang).
2. Promosi dan mulut ke mulut dan medsos
Sampai saat ini, banyak yang masih bertanya-tanya soal lebih efektif mana, promosi dari mulut ke mulut atau via medsos?
Sebenarnya, keduanya merupakan cara promosi yang sama-sama efektif.
Baik, melalui promosi secara langsung ke perorangan atau melalui medsos sama-sama pentingnya.
Lakukan cara yang sudah lama digunakan, seperti memberikan selebaran pada orang-orang terdekat, seperti saudara atau tetangga.
Akan lebih baik juga apabila Moms memberikan tester atau contoh produk yang bisa mereka lihat secara langsung.
Setelah itu, jika mereka ingin bertanya langsung bisa arahkan melalui medsos.
Media sosial seperti Instagram merupakan platform penting untuk membangun personal branding serta memudahkan pelanggan dan calon pelanggan untuk melihat barang apa saja yang kita jual.
3. Minta pembeli untuk merekomendasikan
Cara yang satu ini merupakan cara yang efektif dan tak perlu mengeluarkan biaya, bahkan tenaga.
Mengapa?
Sebab, lebih banyak calon pembeli yang lain untuk mendapatkan informasi mengenai produk jualan Moms dari orang yang sudah pernah membeli.
Minta mereka untuk unggah foto atau video saat menggunakan produk yang Moms miliki.
Setelah itu, pastikan mereka memberikan komentar mengenai keunggulan produk tersebut.
Dengan begitu, calon pembeli yang lain juga akan tertarik untuk membelinya dan sudah mendapatkan testimoni mengenai penggunaannya.
4. Berikan potongan harga
Potongan harga bisa diberikan dengan cara yang bermacam-macam.
Yang terpenting, hal ini membuat calon pembeli untuk segera membeli produk milik Moms.
Memberikan diskon untuk jangka waktu tertentu mungkin sudah sering digunakan.
Salah satu cara promosi yang akhir-akhir ini diminati adalah dengan adanya giveaway.
Giveaway adalah ketika Moms mengadakan pemberian sampel produk secara percuma untuk beberapa calon pembeli.
Baca Juga: Sekarang Para Perempuan Indonesia Bisa Memiliki Bisnis Kuliner Sendiri Lho, Yuk Ikut Festival Ini!
Uniknya, sering kali giveaway ini dilakukan dengan cara kuis. Cara yang seperti ini cenderung lebih menarik pembeli dengan cara yang menyenangkan.
Tak perlu banyak-banyak, Moms bisa berikan satu atau dua sampel untuk giveaway ini pada orang yang beruntung pada kuis yang Moms adakan di media sosial.
Dengan cara ini, calon pembeli dapat mengenal produk yang Moms dirikan secara lebih jauh.
Ini dia bisnis UMKM yang mungkin bisa jadi peluang untuk Moms di tahun 2022 ini:
- Rias untuk wisuda, pengantin, dan acara formal lainnya
- Kuliner rumahan
- Reseller dan dropship pakaian atau perlengkapan kecantikan
- Jasa pembuatan hadiah seperti buket bunga, hampers, parsel, kado, dan lain-lain
Untuk melihat kembali cara mempromosikan barang dagangan UMKM yang tepat, cek halaman 2. (*)
Baca Juga: Intip Tips dan Trik Bangun Bisnis UMKM di Tengah Pandemi Agar Tak Habis Ide Serta Laku di Pasaran
Melebarkan Sayap Hingga Mancanegara, Natasha Rizky Gelar Exhibition Perdana di Jepang
Penulis | : | Amallia Putri |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR