Nakita.id - Dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs), generasi muda memegang peranan penting.
Survei Sosial Ekonomi Nasional 2019, memperkirakan jumlah pemuda sebesar 64,19 juta jiwa atau seperempat dari total penduduk Indonesia.
Dengan kata lain, pemuda menjadi kekuatan ekonomi dan tulang punggung pembangunan negara untuk mengakhiri kemiskinan.
Oleh karena itu, dalam rangka memperkuat peran pemuda, Danone – AQUA, bersama PP Muhammadyah, Universitas Muhammadyah Jakarta (UMJ) dan TVMU menyelenggarakan Community Engagement: Broadcast Your Creativity.
Kegiatan yang menyasar mahasiswa UMJ ini digelar pada April – Juni 2022, dalam bentuk rangkaian workshop broadcasting, pengayaan materi mengenai bisnis berkelanjutan serta ditutup dengan kompetisi video pendek.
Dalam konferensi pers yang telah berlangsung pada Senin (20/6/2022) diumumkan pemenang lomba kompetisi video pendek yang digelar di Gd. PP Muhammadyah Jakarta.
Dalam acara tersebut hadir Prof. Dr. H. Dadang Akhmad, M.Si, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Majelis Pustaka dan Informasi; Arif Mujahidin, Corporate Communications Danone Indonesia; Dr. Oktaviana Purnama Sari, S.Sos., M.Si, Kepala Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UMJ; Drs. Makroen Sanjaya, M.Sos., Dosen UMJ dan Direktur TV Muhammadiyah.
Prof. Dr. H. Dadang Akhmad, M.Si, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Majelis Pustaka dan Informasi sempat mengatakan jika kolaborasi ini merupakan langkah awal yang baik khususnya dalam mempersiapkan generasi unggul untuk masa yang akan datang.
“Kolaborasi Danone-AQUA dengan TV MU adalah sebuah Langkah baik untuk memberikan perhatian lebih dalam mempersiapkan masa depan generasi selanjutnya,” ujar Prof. Dadang di Jakarta, Senin (20/6).
Dadang berharap, ke depannya agar lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan positif yang menyasar generasi muda.
Sehingga dapat menjadi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.
Arif Mujahidin, Corporate Communications Danone Indonesia menyampaikan apresiasi terhadap seluruh mahasiswa UMJ yang telah berpartisipasi dalam kegiatan.
Arif Mujahidin mengaku jika pihaknya selalu mengoptimalkan untuk melibatkan anak muda dalam berbagai macam kesempatan.
Ini dilakukan bersama dengan AQUA dalam berbagai macam kampanye digital.
Kampanye digital ini dilakukan dengan selalu mengikutsertakan generasi muda, sehingga anak muda bisa menjadi agen perubahan.
Semua karya yang dituangkan diharapkan bisa memberikan energi positif dan menginspirasi untuk banyak kalangan.
“Untuk mencapai SDGs dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak, termasuk sektor swasta dan masyarakat. Dan Danone – AQUA gencar melakukan berbagai kampanye digital yang banyak melibatkan generasi muda,” jelas Arif Mujahidin.
Lebih lanjut, Arif menjelaskan inissiatif ini bertujuan untuk mendorong generasi muda menjadi agen-agen pembawa kebaikan bagi ekosistemnya melalui karya-karya yang positif dan menginspirasi.
Dr. Oktaviana Purnama Sari, S.Sos., M.Si, selaku Kepala Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UMJ juga hadir dalam acara yang sama.
Ia mengungkapkan jika ada korelasinya dunia industri berdekatan dengan akademi.
Oktaviana menghimbau agar para mahasiswa bisa terus berkreasi.
Mahasiswa sebagai agen pembawa kebaikan dihimbau untuk selalu menciptakan konten-konten yang berkualitas.
Konten ini dikemas bukan hanya dari segi kreatifitas saja tetapi juga punya nilai yang baik untuk semua kalangan,
“Untuk itu, saua berharap kepada para mahasiswa supaya kreativitasnya dipacu agar meciptkan konten-konten yang tidak hanya kreatif, tetapi inspiratif,“ ujarnya
Danone – AQUA berkomitmen untuk menerapkan keberlanjutan sebagai core business dan menggunakan bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan dengan membawa kesehatan untuk kebaikan kepada banyak orang, masyarakat dan lingkungan.
Tujuan jangka panjang ini penting untuk selaras dengan 17 tujuan besar di dalam SDGs yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia hingga 2030 yang terintegrasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020-2024.
“Selama hampir 50 tahun beroperasi di Indonesia, Danone-AQUA terus berkomitmen untuk menghadirkan kesehatan melalui hidrasi yang sehat serta produk dan layanan yang berkualitas. Selain itu, kami juga selalu fokus untuk menjalankan operasional yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan fokus untuk menjaga sirkularitas air, sirkularitas kemasan dan sirkularitas karbon. Berbagai hal tersebut sejalan dan dilakukan untuk mendukung target pencapaian SDGs pemerintah Indonesia”, tutup Arif.
Baca Juga: Ingin Si Kecil Sukses di Masa Depan? Yuk, Kenali Bahasa Cintanya
Penulis | : | Ruby Rachmadina |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR