Nakita.id - Ada banyak cara membuat daftar pustaka, bisa secara manual atau otomatis.
Tentunya jika ingin hasil yang mudah dan cepat, cara membuat daftar pustaka otomatis bisa menjadi pilihan.
Yuk, simak bagaimana cara membuat daftar pustaka secara otomatis dan anti berantakan.
Daftar pustaka merupakan sumber acuan sumber-sumber yang digunakan dalam sebuah penelitian ilmiah.
Misalnya dari buku-buku, jurnal, skripsi, artikel di website, sampai majalah dan surat kabar.
Cara membuat daftar pustaka secara otomatis bisa memakai Microsoft Word.
Microsoft Word merupakani salah satu aplikasi pengolah kata yang umum digunakan untuk membuat karya tulis ilmiah.
Karya tulis skripsi, jurnal, makalah, dan lainnya biasanya menyertakan daftar pustaka di bagian akhirnya.
Hal yang harus ada dalam daftar pustaka adalah nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit.
Daftar pustaka bertujuan untuk membuktikan bahwa data yang diambil adalah benar dan memenuhi etika penulisan karya ilmiah.
Selain itu juga untuk membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam sumber kutipan dari karya ilmiah yang kita tulis.
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Pustaka APA Style di Word Ternyata Mudah Banget, Ikuti Cara-caranya Disini
Selain itu, daftar pustaka juga bertujuan untuk menghargai penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan karya ilmiah.
Juga bisa mencegah plagiarisme atau penjiplakan yang dilakukan oknum tertentu.
Merangkum dari kanal YouTube CaraTutorialCom, berikut adalah cara membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word.
1. Buka aplikasi Microsoft Word melalui perangkat komputer.
2. Pada halaman utama, klik tab "References" lalu pilih opsi "Manage Sources".
3. Setelah di klik akan muncul halaman bernama "Source Manager".
4. Untuk membuat daftar pustaka, langsung saja klik tombol "New" pada menu yang tersedia.
5. Setelah itu, akan muncul jendela pop-up "Create Source".
6. Sebelum menulis daftar pustaka, ubah pengaturan bahasa yang ada di kolom "Language" menjadi "Indonesian".
7. Selanjutnya, pilih beberapa opsi pada menu "Type of Source" untuk membuat penulisan daftar pustaka.
Nah Moms, simak tutorial membuat daftar pustaka yang bersumber dari buku dan contohnya.
Baca Juga: Tujuan Adanya Daftar Pustaka, Memperkuat Tulisan Ilmiah Hingga Menghindari Tuduhan Plagiat
Berikut adalah contoh cara membuat daftar pustaka yang bersumber dari buku.
Judul buku: 'Outliers, Rahasia di Balik Kesuksesan' yang ditulis oleh Malcolm Gladwell.
1. Pilih opsi "Book" pada menu "Type of Source".
2. Isi kolom-kolom yang tersedia seperti nama penulis (Author), judul buku (Title), tahun terbit (Year), Kota (City), dan nama penerbit buku (Publisher).
3. Setelah semua tahapan selesai, klik tombol "OK" yang ada di bagian bawah.
4. Nantinya, akan muncul halaman "Source Manager", di mana kita bisa melihat hasil penulisan daftar pustaka.
5. Apabila ingin menambah buku atau jenis sumber lainnya, cukup mengulang tahapan di atas atau klik tombol "New" yang ada di bagian bawah tombol "Edit".
6. Untuk menampilkan hasil penulisan daftar pustaka, pilih opsi "Blibiography" yang ada di tab "References", kemudian klik "Insert Blibiography".
Secara otomatis, semua referensi sumber yang kita tulis akan tampil secara berurutan dan tersusun rapi.
Contoh: Gladwell, Malcolm. Outliers, Rahasia di Balik Kesuksesan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nah Moms, itulah cara membuat pustaka secara otomatis di microsoft word.
Semoga informasinya bermanfaat!
Baca Juga: Contoh Daftar Pustaka Terlengkap dari Buku, Jurnal, Skripsi, dan Website! Begini Cara Menulisnya
Perempuan Inovasi 2024 Demo Day, Dorong Perempuan Aktif dalam Kegiatan Ekonomi Digital dan Industri Teknologi
Penulis | : | Kintan Nabila |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR