Nakita.id - Mana yang lebih dahulu dibuat, kata pengantar atau daftar isi?
Yuk, kita ketahui penjelasannya di bawah ini.
Kata pengantar dan daftar isi merupakan bagian yang ada di beberapa halaman pertama pada makalah.
Keduanya memiliki peran yang penting. Kata pengantar berfungsi untuk memberikan gambaran bagi para pembaca mengenai garis besar isi makalah.
Sementara itu, daftar isi dibutuhkan sebagai panduan bagi para pembaca akan letak materi yang hendak dibaca.
Daftar isi dapat memudahkan pembaca maupun penulis untuk mengetahui letak setiap bab.
Dengan adanya daftar isi, pembaca tidak perlu membuka halaman satu demi satu untuk menemukan bagian yang ingin dibaca.
Selain itu, jika sedang membaca sebuah buku, biasanya pembaca akan melihat daftar isi terlebih dahulu untuk mengetahui kelengkapan isi buku.
Dalam penyusunan setiap makalah, kata pengantar diletakkan lebih dahulu sebelum daftar isi.
Biasanya halaman yang diletakkan sebelum daftar isi menggunakan nomor halaman angka romawi.
Membuat daftar isi biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu manual dan otomatis.
Baca Juga: Cara Mudah Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2007
Semakin berkembangnya teknologi, cara manual semakin ditinggalkan.
Hal ini karena menyusun secara manual juga akan cukup merepotkan dan melelahkan, terutama jika penulis sedang terburu-buru dalam menyusun penelitian atau karya ilmiahnya.
Tak hanya itu saja, penyusunan secara manual rentan akan kesalahan.
Jika terjadi kekeliruan, penulis harus mengatur ulang kerangka tersebut dari awal lagi.
Sementara, untuk cara otomatis lebih disukai karena lebih rapi dan cepat sehingga pembaca akan lebih mudah untuk memahami materi yang akan dibahas oleh penulis.
Membuat Daftar Isi di Microsoft Word secara Otomatis
Lalu, bagaimana caranya membuat daftar isi di Ms. Word secara otomatis dan terhindar dari kesalahan?
Moms bisa simak tahapannya berikut ini:
1. Membuka dokumen Microsoft Word.
2. Membuat judul atau subjudul pada dokumen Microsoft Word.
3. Sorot atau blok judul atau subjudul yang telah dibuat.
Baca Juga: Cara Membuat Titik-titik Secara Otomatis Dalam Membuat Daftar Isi
4. Pilih heading yang sesuai dengan judul atau subjudul.
5. Lakukan sorot dan heading tersebut pada setiap judul atau subjudul yang ada.
6. Memilih halaman kosong pada dokumen untuk membuat daftar isi.
7. Pilih bagian referensi yang terdapat pada menu bar.
8. Klik Table of Content dan pilih jenis atau format daftar isi yang diinginkan
9. Klik Update Table jika ingin melakukan perubahan
10. Sesuaian daftar isi dengan format tulisan
11. Pastikan tidak ada bagian judul atau subjudul yang terlewat
12. Simpan dokumen Microsoft Word
Itulah tadi beberapa tips untuk memebuat daftar isi di Microsoft Word secara lebih cepat.
Ingat, letakkan kata pengantar terlebih dahulu sebelum daftar isi, ya, Moms.
Baca Juga: Cara Mudah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis, Simak Tipsnya!
Penulis | : | Amallia Putri |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR