Nakita.id - Yuk, ketahui cara membuat daftar isi manual di Microsoft Word.
Bagi kalian yang ingin membuat makalah atau naskah buku, tentunya perlu memiliki daftar isi.
Apa sih gunanya daftar isi untuk keperluan makalah atau naskah?
Daftar isi sangat penting untuk dilampirkan pada bagian kerangka suatu karya untuk memudahkan pembaca maupun penulis.
Keberadaan daftar isi dapat memberikan gambaran atau garis besar kepada pembaca mengenai pokok pembahasan yang terdapat dalam suatu hasil penulisan.
Dengan begitu, pembaca tidak perlu membuka halaman satu demi satu untuk menemukan bagian yang ingin dibaca.
Cukup buka daftar isi saja, para pembaca bisa langsung menuju ke halaman yang diinginkan.
Membuat daftar isi di Microsoft Word bisa dilakukan dengan cara manual dan dengan cara otomatis.
Untuk cara manual, Moms bisa melakukannya dengan mengikuti tahapan berikut ini:
1. Buka file yang hendak dibuat daftar isinya di Microsoft Word
2. Masukkan kerangka daftar isi yang meliputi judul bab dan halaman
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Word 2013, Mudah dan Gampang Dipraktikan
3. Klik ikon kolom 'Paragraph', lalu klik 'Tabs'
4. Atur ukuran titik, jika sudah selesai klik 'OK'
5. Tekan tab pada tiap akhir kalimat nama bab
Sebenarnya, cara manual sudah seringkali ditinggalkan karena tidak praktis.
Jika Moms ingin yang jauh lebih mudah, Moms bisa menggunakan cara otomatis.
Melansir dari Gramedia.com, ini dia tahapan untuk membuat daftar isi secara otomatis:
1. Membuka dokumen Microsoft Word.
2. Membuat judul atau subjudul pada dokumen Microsoft Word.
3. Sorot atau blok judul atau subjudul yang telah dibuat.
4. Pilih heading yang sesuai dengan judul atau subjudul.
5. Lakukan sorot dan heading tersebut pada setiap judul atau subjudul yang ada.
Baca Juga: Cara Mudah Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2007
6. Memilih halaman kosong pada dokumen untuk membuat daftar isi.
7. Pilih bagian referensi yang terdapat pada menu bar.
8. Klik Table of Content dan pilih jenis atau format daftar isi yang diinginkan
9. Klik Update Table jika kamu melakukan perubahan
10. Sesuaian daftar isi dengan format tulisan
11. Pastikan tidak ada bagian judul atau subjudul yang terlewat
12. Simpan dokumen Microsoft Word
Itulah tadi caranya membuat daftar isi menggunakan cara yang manual serta otomatis.
Jadi, mana yang lebih praktis menurut kalian?
Membuat daftar isi diperlukan ketelitian.
Maka dari itu, pastikan membuat daftar isi dalam keadaan fokus, ya.
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Skripsi Secara Otomatis, Mudah dan Cepat Jadi
Apa Itu Silent Treatment? Kebiasaan Revand Narya yang Membuatnya Digugat Cerai Istri
Source | : | Gramedia.com |
Penulis | : | Amallia Putri |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR