Nakita.id – Untuk menambah penghasilan, memulai bisnis online bisa jadi pilihan.
Tetapi Moms perlu memahami strategi penjualan online dengan benar.
Moms harus bisa meningkatkan kepercayaan para pelanggan.
Dengan menjaga kepercayaan para pelanggannya, tentu ada banyak manfaat yang akan diperoleh.
Bisa saja bisnis yang Moms tekuni ini mendatangkan banyak pelanggan yang loyal.
Moms juga bisa memiliki bisnis yang mendapatkan keuntungan sesuai harapan.
Namun, banyaknya para penjual yang tidak bertanggung jawab kerap membuat para konsumen merasa ragu untuk berbelanja online.
Alhasil usaha milik Moms mengalami kesulitan untuk memiliki pelanggan.
Jadi, Moms perlu memahami terlebih dahulu cara meningkatkan kepercayaan konsumen sebelum memulai bisnis online.
Dengan begitu, Moms akan mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
Lantas, bagaimana cara yang paling tepat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan?
Baca Juga: Cara Membangun Bisnis Online Untuk Pemula Supaya Berhasil Cuan dan Tidak Rugi
Untuk menjawab itu semua, tim Nakita telah mewawancarai Maryadi Santana, CFP, QWP, Financial Planner dari Finante, Selasa (22/11).
Dalam penuturannya, Maryadi menegaskan jika penting untuk membangun kepercayaan pelanggan saat akan memulai bisnis online.
Ada beberapa cara yang disarankan oleh Maryadi dan semoga bisa diterapkan oleh Moms dan juga Dads yang memiliki rencana usaha online.
Pastikan barang yang Moms akan jual memiliki kualitas yang baik.
Semua konsumen tentu menginginkan produk yang mereka beli sesuai atau real.
Usahakan produk yang ditampilkan di media sosial sama dengan aslinya.
Untuk hal ini pastikan Moms menggunakan foto produk sendiri dan bukan mengambil foto produk dari situs resmi web.
Kualitas barang yang bagus dan sesuai keinginan konsumen, membuat para pelanggan bermunculan dan bisa saja menjadi pelanggan tetap.
Konsumen juga nantinya akan memberikan penilaian yang bagus.
Sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan lainnya saat hendak berbelanja online di akun media sosial atau E-commerce milik Moms.
"Harus menjual kualitas yang bagus," ujar Maryadi.
Baca Juga: Rintis Usaha Online dari Rumah Bisa Jadi Solusi Keuangan di Tengah Pandemi
Salah satu cara meningkatkan kepercayaan pelanggan yang paling penting adalah dengan memberikan service yang baik.
Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan dengan menyediakan media yang bisa menghubungi Moms dengan mudah.
Sediakan berbagai media sosial yang bisa memaksimalkan untuk berinteraksi dengan pelanggan.
Komunikasi yang baik bisa membuat pelanggan memberikan feedback, ini bisa menjadi masukan dan saran yang baik bagi usaha.
Sehingga Moms bisa mengetahui apa saja yang kurang dan nantinya berguna bagi perkembangan bisnis atau produk yang dijual.
Terkadang Moms akan menghadapi banyak pertanyaan seputar produk dari pelanggan, maka berikan layanan pelanggan yang optimal.
Pastikan juga Moms selalu sigap membalas jika ada konsumen yang menanyakan seputar produk yang dijual.
Konsumen pasti akan senang dan percaya apabila komunikasi yang ada di usaha online berjalan dalam dua arah, sehingga pelanggan merasa lebih aman dan nyaman saat bertransaksi.
Konsumen hanya mengandalkan informasi terkait produk dengan penjelasan yang Moms buat, maka berikan deskripsi produk yang dijual sedetail mungkin.
"Kalau produknya bagus tapi servicenya mungkin kurang, orang bisa aja kesal," ungkap Maryadi.
Kualitas produk dan service yang bagus tidak bisa dipisahkan dan keduanya harus berjalan dengan selaras.
Baca Juga: Rekomendasi Usaha Sampingan di Rumah Tanpa Modal, Yuk Simak Triknya!
Social Bella 2024, Dorong Inovasi dan Transformasi Strategis Industri Kecantikan Indonesia
Penulis | : | Ruby Rachmadina |
Editor | : | Poetri Hanzani |
KOMENTAR