Nakita.id - Cara membuat daftar isi otomatis sangat mudah, bisa dilakukan di Microsoft Word.
Kalau masih belum tahu, bisa mencari tahu di bawah ini soal cara membuat daftar isi otomatis yang sangat mudah.
Daftar isi berfungsi sebagai petunjuk halaman dari sebuah karya tulis, skripsi, maupun hasil ilmiah lainnya.
Tanpa daftar isi, pembaca tidak akan bisa membaca karya tulis dengan nyaman.
Karena, daftar isi mempermudah pembaca dalam mencari halaman.
Di bawah ini merupakan cara membuat daftar isi otomatis.
Ada 2 cara yang bisa dilakukan dalam membuat daftar isi di Microsoft Word.
Tenang, semuanya mudah dilakukan tinggal pilih mau cara yang mana.
Berikut ini cara membuat daftar isi di Microsoft Word seri apapun.
- Buka file tulisan atau dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi.
- Klik menu References di Microsoft Word.
Baca Juga: Simpel, Begini Cara Membuat Daftar Isi Manual di Mircosoft Word
- Pilih opsi Table of Contents dan klik Automatic Table 1.
- Microsoft Word akan otomatis membuat daftar isi dan sub-judul dengan keterangan nomor halaman.
- Peserta didik bisa melakukan edit ulang untuk menyesuaikan urutan daftar isi.
- Untuk memperbarui, klik References, Update Table, pilih antara opsi Update page number only atau Update entire table.
- Opsi Update page number only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.
- Opsi Update entire table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.
- Apabila ada entri yang hilang dari daftar isi, klik Home, Style, Heading 1.
- Kemudian, masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.
Cara membuat daftar isi di Microsoft Word dari Mac OS hampir sama seperti yang di Windows.
- Buka file tulisan atau dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi.
- Klik menu References, Update Table, lalu pilih antara opsi.
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Skripsi Secara Otomatis, Mudah dan Cepat Jadi
- Update page number only atau Update entire table.
- Opsi Update page number only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.
- Opsi Update entire table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.
- Apabila ada entri yang hilang dari daftar isi, klik Home, Style, Heading 1.
- Kemudian masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.
Daftar isi pasti ada titik-titik yang menghubungkan antara bab dan sub bab dan nomor halaman.
Nah membuat titik-titik untuk menghubungkannya juga harus dipelajari.
Berikut caranya menggunakan tabulasi atau tab:
- Setelah teks siap, blok seluruh bab dan sub-bab pada daftar isi tanpa titik-titik yang sudah diketik
- Pada daftar yang sudah diblok, klik kanan > Paragraph.
- peserta didik akan diarahkan ke jendela baru yang berisi pengaturan paragraf. Lihat pojok kiri bawah pada kotak, klik opsi Tabs.
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Word 2013, Mudah dan Gampang Dipraktikan
- Pada jendela Tabs, peserta didik perlu melakukan penyesuaian pengaturan lebar yang akan diisi titik-titik pada kolom Tabs Stop Position.
- Masih di jendela yang sama, pilih Right pada menu Alignment.
- Selanjutnya, pilih bentuk yang ingin peserta didik gunakan. Karena ini merupakan cara membuat titik-titik daftar isi, maka pilih opsi kedua (….).
- Klik 'set' untuk menyimpan pengaturan jendela Tabs.
- Klik ‘OK’ untuk menutup jendela Paragraph.
Pengaturan Right Tab titik-titik telah dibuat.
Setelahnya, bisa mulai melakukan penomoran pada masing-masing bab dan sub-bab daftar isi.
Langkah-langkahnya:
- Letakkan kursor di bagian paling kanan teks daftar isi. Misalnya, A. Pendahuluan(x), letakkan kursor di samping huruf n atau pada tanda x
- Untuk membuat titik-titik, cukup tekan tombol Tab pada keyboard dan otomatis akan menyesuaikan Right Tab yang sudah dibuat sebelumnya.
- Berikan nomor halaman sesuai dengan teks yang ada pada keseluruhan dokumen Microsoft Word.
Baca Juga: Kata Pengantar atau Daftar Isi Dulu, Mana yang Lebih Awal Dibuat?
Wapres Gibran Minta Sistem PPDB Zonasi Dihapuskan, Mendikdasmen Beri Jawaban 'Bulan Februari'
Penulis | : | Aullia Rachma Puteri |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR