Nakita.id - Moms tentu ingin Si Kecil dapat mengenyam pendidikan tinggi, pelayanan kesehatan terbaik dan mendapat kondisi finansial yang makmur dalam keluarga.
Namun, ternyata masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan yang terencana untuk masa depan yang nyaman.
Hal ini diulas dengan gamblang dalam Press Conference dan Talkshow Peluncuran Kampanye Komunikasi #LebihBaik Sekarang di Jakarta, Kamis (31/5).
Faktanya, Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada 2016 menunjukkan, indeks literasi asuransi masyarakat Indonesia hanya mencapai 15,76%.
BACA JUGA: Tips Ahli Keuangan: Bijak Mengelola THR, Sisihkan 20% Untuk Menabung
"Kesadaran masyarakat Indonesia memang masih tergolong rendah.
Merujuk data diatas, dari 100 orang Indonesia hanya ada 15-16 orang yang telah mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi", ungkap Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.
Hal ini juga diamini oleh Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, guru besar Sosiologi Universitas Indonesia yang turut hadir sebagai pembicara.
Menurutnya, keluarga milenial saat ini juga menabung namun untuk tujuan jangka pendek dan masih enggan berinvestasi jangka panjang.
"Keluarga sekarang itu berbeda dengan generasi sebelumnya, mikirnya gimana nanti padahal seharusnya yang dipikirkan nanti bagaimana," jelasnya.
BACA JUGA: Catat Moms, Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan
Sehubungan dengan kondisi tersebut, Sun Life terus berupaya mengajak masyarakat Indonesia agar tidak lagi menunda perencanaan keuangan yang cermat agar dapat mencapai kemapanan finansial.
Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, diharapkan masyarakat Indonesia menyadari akan pentingnya merencanakan keuangan untuk meraih kualitas kesehatan, pendidikan dan keuangan lebih makmur bagi diri sendiri dan orang lain.
Selain itu, Sub Life juga mencoba memberikan pembekalan keuangan yang kreatif yaitu melalui video web series bertajuk 'Keluarga Surya' sebagai metode untuk mengenalkan pemahaman keuangan dengan cara berbeda.
Mengusung genre komedi, video ini menceritakan 8 kisah Keluarga Surya dalam perencanaan keuangan dengan durasi sekitar 5 menit pada setiap episodenya.
Diperankan oleh aktor dan aktris muda Edo Borne (sebagai Ayah Surya), Karina Nadila (sebagai Ibu Mentari), Bima Azriel (sebagai Fajar) dan Sandrinna Michelle (sebagai Cahaya) video ini berisi kehidupan keluarga modern yang menghadapi berbagai isu keuangan yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.
BACA JUGA: 10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Keluarga Kerajaan Inggris, No 9 Bikin Iri!
"Mengapa kita pilih media komedi karena ringan, menyenangkan, menghibur namun tetap relevan dengan pesan pemahaman keuangan yang ingin kami sampaikan mengenai pentingnya merencanakan keuangan sejak usia muda," tutup Elin. (*)
Wapres Gibran Minta Sistem PPDB Zonasi Dihapuskan, Mendikdasmen Beri Jawaban 'Bulan Februari'
Penulis | : | Erinintyani Shabrina Ramadhini |
Editor | : | Soesanti Harini Hartono |
KOMENTAR