Waspada, Gemuk Saat Hamil Bukan Berarti Sudah Cukup Gizi

By Heni Wiradimaja, Kamis, 25 Mei 2017 | 21:00 WIB
Tanda Ibu hamil cukup gizi tidak hanya dari berat badan saja (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Salah satu faktor penting dalam kehamilan adalah memastikan asupan gizi yang Ibu butuhkan mencukupi. Perkembangan janin selama 9 bulan membutuhkan gizi yang cukup agar bisa berjalan dengan normal.

Untuk itu, Ibu hamil perlu memilih pola makan yang tepat agar tidak lagi kurang gizi. Pola makan yang tepat ini sayangnya banyak tidak diketahui oleh banyak orang. Banyak yang beranggapan asal makan banyak dan berat badan naik saat hamil berarti sudah cukup gizi.

Baca juga: Kekurangan Gizi Saat Hamil, Ini Akibatnya

Studi Diet Total pada 2014 yang dilakukan Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa sebanyak 51,5% Ibu hamil di perkotaan asupan energinya selama hamil hanya sampai di angka 70%.

Studi yang sama juga memaparkan hal serupa dalam hal asupan protein. Sebanyak 49,6% Ibu hamil di perkotaan hanya mendapatkan asupan protein sebanyak 80% dari yang dibutuhkan. Artinya, masih banyak Ibu yang tidak memahami berapa kebutuhan gizinya.

Baca juga: 5 Zat Gizi Penting dalam Kehamilan

Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, seorang ahli gizi Ibu dan anak mengungkapkan gaya hidup orang di perkotaan yang hanya makan banyak tanpa memedulikan kandungannya menjadi hal yang salah.

“Banyak Ibu hamil yang memilih makan makanan yang membuat mereka kenyang seperti banyak karbohidrat saja. Padahal ada jenis nutrisi lain yang dibutuhkan oleh janin,” ujarnya di sela-sela Konferensi Pers SUN Ibu di Jakarta.

 Menurutnya Ibu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi makro dan mikro yang seimbang. Misalnya untuk zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak.

Sementara zat mikro yang dibutuhkan antara lain vitamin B6, folat,zat besi hingga kalsium. Maka, Ibu tak hanya perlu melihat seberapa banyak Ibu makan tetapi lebih memilih jenis makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: 4 Langkah Mencukupi Gizi Ibu Hamil

Protein yang terkandung dalam telur dan susu hingga buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral penting untuk Ibu konsumsi agar mencegah kekurangan gizi. Kandungan vitamin dan mineral akan membantu melancarkan asupan nutrisi dan oksigen ke janin.

Ibu juga perlu memahami cara menyiasati gangguan kehamilan yang  kerap menjadi penyebab kurang gizi misalnya mual, muntah atau ngidam. Dr. Sandra Fikawati merekomendasikan Ibu hamil untuk makan dengan porsi kecil dan memilih makanan yang membantu asupan gizi tetap terpenuhi.