Kurangi Porsi Makan Selama 2 Tahun, Hal Menakjubkan ini Akan Terjadi

By Nia Lara Sari, Minggu, 25 Maret 2018 | 14:05 WIB
Mengurangi porsi makan ()

Nakita.id - Sebuah studi yang diterbitkan 22 Maret 2018 di dalam jurnal Cell Metabolism, mengungkapkan sebuah penelitian dengan hasil yang mengejutkan.

Orang yang hanya mengurangi asupan kalori 15 persen saja selama dua tahun mengalami penurunan yang signifikan dalam metabolisme mereka.

Yang berakibat pada proses penuaan yang lebih lambat dan rentang hidup yang lebih panjang, kata pemimpin peneliti Leanne Redman.

BACA JUGA: Gemas! Masih Bayi, Anak Keempat Ussy Sulistiawaty Gemar Makan Tempe

Leanne Redman adalah seorang profesor ilmu-ilmu klinis di Pennington Biomedical Research di Baton Rouge, LA.

Untuk percobaan ini, tim Redman merekrut 34 orang sehat dengan usia rata-rata 40 tahun untuk mengikuti diet yang dibatasi kalori selama dua tahun.

Para peneliti mengajarkan para peserta penelitian bagaimana memotong 25 persen dari asupan kalori harian mereka menggunakan tiga model diet sehat yang berbeda, kata Redman.

Para peserta kemudian bebas mengikuti diet mereka dengan cara apa pun yang mereka pilih.

"Pengurangan asupan kalori yang dipertahankan selama dua tahun ini, menghasilkan hal yang sangat luar biasa," kata Redman.

BACA JUGA: Unggah Foto Ini, Kaki dan Tangan Laudya Cynthia Bella Jadi Sorotan! Ada Apa?

Rata-rata, kelompok itu kehilangan sekitar 20 pon, sebagian besar pada tahun pertama, meskipun setengahnya masuk ke dalam penelitian dengan berat badan normal dan sedikit orang yang mengalami kelebihan berat badan, kata Redman.

Perubahan dalam metabolisme ini dikaitkan dengan rentang hidup lebih lama pada hewan dan manusia, kata Redman.