Berita Kesehatan: Perut Kembung, Kapan Perlu Diwaspadai?

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 27 November 2018 | 19:32 WIB
Faktanya ada sekitar 50 kondisi perut berbeda yang sering dianggap sebagai kembung. Kondisi berbeda (Getty Images)

Nakita.id.- Perut kembung sering dirasakan dan diucapkan Moms bila merasakan perut yang tidak nyaman. Misalnya sehabis makan atau tidak bisa BAB dalam jangka waktu tertentu.

"Faktanya ada sekitar 50 kondisi perut berbeda yang sering dianggap sebagai kembung. Kondisi berbeda tentu memerlukan penanganan yang tidak sama.

Karena itu, jangan meremehkan kembung," kata ahli diet dengan spesialisasi gangguan pencernaan Tamara Duker Freuman dikutip dari CNN.

Baca Juga : Kembung Bisa Jadi Tanda Kanker pada Perempuan, Hati-hati Moms!

Berikut beberapa hal seputar kembung yang perlu Moms ketahui;

- Terlalu kenyang hanya salah satu penyebab kembung.

Dokter ahli pencernaan dari Mount Sinai Hospital, New York Yevgenia Pashinsky mengatakan, dia selalu memeriksa dan bertanya lebih lanjut pada pasien terkait keluhan kembung.

Secara teknis, berbagai hal yang meningkatkan kadar gula dalam tubuh bisa mengakibatkan kembung.

Namun menurut Pashinsky, beberapa kondisi yang menyebabkan kembung lebih rentan terjadi. Yaitu gangguan pencernaan, perut lambat kosong (gastroparesis), dan ketidakseimbangan bakteri di usus halus.

Sebagai tambahan, terlalu banyak gas di perut juga bisa menyebabkan kembung. Pashinsky yakin kembung tidak bisa disembuhkan dengan cara yang sama, bergantung kondisi pasien.

Baca Juga : Di Wilayah Ini 500 Tahun Kekeringan, Ketika Hujan Turun Malah Mematikan Mahluk Hidup Yang Ada

Pashinsky menyarankan tidak melakukan self diagnosis bila merasa kembung. Kondisi ini memang bisa disebakan hal sederhana, misal konstipasi.

Namun kembung bisa menjadi gejala gangguan yang lebih serius, misal tumor.