Didiagnosis Menopause dan Tak Bisa Punya Anak di Usia Muda, Perempuan Ini Akhirnya Bisa Hamil Bayi Kembar. Kisahnya Bikin Haru!

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:15 WIB
Didiagnosa Menopause dan Tak Bisa Punya Anak di Usia Muda, Perempuan Ini Akhirnya Bisa Hamil Bayi Kembar. Kisahnya Bikin Haru! (Santi Hartono)

Nakita.id - Penduduk Melbourne Amber dan pasangannya Chris adalah pengantin baru yang pada 2014 segera membeli sebuah rumah bersama dan mulai melakukan program kehamilan.

Tapi impian mereka pupus pada tahun 2015, ketika Amber yang saat itu berusia 23 tahun mulai mengalami hal yang tidak biasa dalam tubuhnya, yaitu rasa yang selalu panas membakar (hot flashes). Oleh dokter, dia kemudian didiagnosis bahwa kadar FSH (follicle-stimulating hormone)-nya sudah memasuki ambang menopause.

Amber mengatakan, "Saya syok mendengarnya. Saya hanya ingat (saya) menangis dan bertanya, 'Masihkah saya masih punya anak?'"

Tak lama kemudian Amber diberi tahu bahwa dirinya memiliki kista sepanjang 7 cm di ovariumnya, yang telah diangkat melalui operasi kemudian menjalani perawatan kesuburan, Clomid selama enam bulan. 

Pengobatan tersebut menyebabkan efek samping yang "mengerikan" karena tidak berhasil merangsang ovulasi Amber.

Jadi pasangan tersebut memutuskan untuk melakukan tindakan IVF agar bisa memiliki anak. Celakanya, setelah dua kali gagal, kista kedua malah ditemukan di tuba fallopi Amber sebelah kiri, yang artinya kedua kista dan tabungnya harus diangkat keseluruhan.

Dengan tidak adanya ovarium yang berfungsi, dan hanya terdapat satu tabung tuba fallopi, sepertinya pasangan ini kehabisan pilihan.

(Baca juga : Setelah 11 Tahun Menikah, Siti Nurhaliza Akhirnya Mengandung Anak Pertama)

Pasangan Amber dan Chris mengira bahwa mereka tidak akan memiliki anak, tapi berkat sang adik, Taylor yang baik hati, kini keduanya sedang menantikan calon bayi kembar di dalam kandungan.

Amber yang tadinya dinyatakan oleh  dokter mengalami masa menopause dini pada usia 23 tahun karena organ reproduksinya tidak berfungsi, malah mendapat keajaiban.  Amber akan menjadi seorang ibu bagi bayi kembarnya setelah saudarinya menyumbangkan sel telurnya guna membantu kakak dan pasangannya memiliki keturunan.

(Baca juga : Sempat Susah Hamil, Begini Cara yang Dilakukan Artis Hingga Berhasil Punya Anak)