Adakah Bahayanya Jika Sering Ngidam Junk Food Saat Hamil?

By Gisela Niken, Rabu, 8 November 2017 | 00:45 WIB
Ibu hamil dan junk food (Gisela Niken)

Nakita.id - Rasa ngidam saat hamil biasanya muncul akibat rasa mual muntah. Ibu hamil kerap ingin makan yang pedas, asam bahkan makanan kurang sehat seperti junk food.

Rasa asin dan gurih dari junk food menjadi rasa favorit yang tidak menyebabkan mual, inilah mengapa junk food juga disukai oleh Ibu hamil.

Kenapa ya banyak Ibu hamil yang ngidam junk food?

Rasa asin dan manis yang ada pada junk food memberikan perasaan nyaman dan puas.

Ini mungkin yang menjadi salah satu alasan mengapa kebanyakan Ibu hamil kerap mendambakan junk food pada awal kehamilan.

Baca juga: Benarkah Makanan yang Bikin Ngidam Saat Hamil Akan Jadi 

Lalu apa dampaknya jika Ibu hamil gemar mengonsumsi junk food?

Junk food merupakan makanan rendah nutrisi maka Ibu hamil yang kerap mengonsumsi junk food dikhawatirkan berisiko melahirkan anak dengan berat badan berlebih alias obesitas.  

Menurut situs web March of Dimes, berat badan berlebih dapat membahayakan Ibu dan janin dalam kandungan yang menyebabkan hipertensi dan diabetes serta menyebabkan bayi lahir prematur.

Hati-hati, Makan Tidak Terkontrol Saat Hamil Bikin Anak Obesitas 

Dilansir dari Kompas.com,  Dr. Judi Januadi Endjun, SpOG dari RSPAD Gatot Subroto mengungkapkan bahwa ada banyak kandungan dalam junk food yang membahayakan seperti pengawet yang mengakibatkan kerusakan pada janin.

"Tak ada toleransi terhadap makanan yang tidak sehat, seperti junk-food, karena dampak pada janin tidak dapat dipastikan seperti apa dan kapan terjadinya,"ujarnya.