Waspada Bakteri Salmonella, Moms yang Sedang Hamil Wajib Hindari 3 Makanan Ini

By Nur Marufah Saniati, Jumat, 22 November 2019 | 12:00 WIB
Penuhi nutrisi di trimester pertama kehamilan. (freepik.com)

Nakita.id - Tidak memakan sushi, keju lunak, dan sandwich mungkin menjadi beban saat hamil, tetapi tidak sepadan dengan risiko yang mungkin akan dialami Si Kecil.

Saat Moms hamil, masuk akal jika Moms ingin lebih memperhatikan apa yang Moms masukkan ke dalam mulut. Bagaimanapun, makanan yang Moms makan juga akan menjadi makanan Si Kecil di dalam rahim.

Baca Juga: 5 Selebriti Tanah Air yang Terbukti Hamil di Luar Nikah, Ada Donna Agnesia dan yang Ke-5 Nyaris Aborsi!

"Kita adalah apa yang kita makan, dan apa yang kita makan akan membuat bayi itu," kata Liz Weinandy, RD, seorang ahli diet yang bekerja menangani pasien hamil di Pusat Medis Wexner University Universitas Ohio.

"Pilihan yang dibuat ibu selama kehamilan dapat memiliki efek seumur hidup untuk bayi," lanjutnya.

Walaupun sudah memilih makanan yang berkualitas untuk dikonsumsi, tetapi ada makanan tertentu yang harus Moms hindari untuk kesehatan Moms dan Si Kecil.

1. Daging dan makanan laut mentah atau setengah matang

Daging setengah matang

Daging mentah atau setengah matang, seperti steak atau sushi setengah matang, memiliki risiko keracunan salmonella.

Baca Juga: Pernikahan Sudah di Depan Mata, Citra Kirana Kecewa Lihat Sikap Rezky Aditya Saat Pergoki Foto Masa Lalunya, Mantan Ali Syakieb Ternyata Lakukan Ini

Salmonella menyebabkan sekitar 1,2 juta penyakit, 23.000 dirawat di rumah sakit, dan 450 kematian di Amerika Serikat setiap tahun, menurut CDC.

Infeksi salmonella dapat menyebabkan diare, demam, dan kram perut.

Wanita hamil lebih cenderung memiliki reaksi parah terhadap infeksi salmonella, dan bakteri itu sendiri dapat mempengaruhi bayi, kata Weinandy.

Mengingat salmonella dapat menyebabkan diare parah, itu juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan rahim Moms mulai berkontraksi secara prematur, tambah Weinandy.

 Baca Juga: Baru Kembali ke Rumah Usai 2 Hari Terbaring Lemah, Ashanty Malah Dibikin ‘Sewot’ Gara-gara Perkataan Anang Hermansyah, Ada Apa?