Ini Dia Ciri Social Climber. Apakah Moms & Dads Salah Satunya?

By Gazali Solahuddin, Jumat, 15 Desember 2017 | 19:27 WIB
Lebih baik hidup apa adanya daripada menjadi seorang social climber ()

Nakita.id- Sejak era sosial media merebak, sadar atau tidak banyak diantara kita telah menjadi seorang social climber, kerap bergaya hidup mewah, pamer hal-hal yang membuat banyak orang bilang wow, tapi status sosial aslinya tidak seperti yang dia gambarkan di sosial media.

Menurut  www.urbandictionary.com, social climber banyak terjadi pada perempuan dibandingkan pria. Sedangkan menurut http://dictionary.cambridge.org, social climber adalah mereka yang mencoba memperbaiki posisi sosial dengan bersikap seperti kalangan jet set. Padahal aslinya tidak seperti itu.

Dari sini kita tentunya sudah bisa mengetahui,  walau tampaknya menyenangkan menjadi social climber, tapi ada risiko yang harus ditanggung dengan menjadi social climber.  

Risiko menjadi social climber

Seorang psikolog ternama dari Universitas Texas, Amerika Serikat, Art Markman PhD, seperti yang dilansir www.tempo.co, mengatakan, untuk melihat fenomena social climber harus melihat teori hedonis-treadmill.

Baca juga: Kontroversi Diet Keto, Dokter Gizi Klinis: Thin Inside Fat Outside!

Menurutnya teori tersebut menyebutkan setiap kali seseorang mencapai tujuan, maka dirinya akan menetapkan pandangan pada tujuan berikutnya.

Tujuan seorang social climber adalah mengejar gaya status sosial yang tinggi alias jet set.

Nah, karena social climber menggapai status sosial jet set hanya dari gayanya saja, sejatinya dia tidak akan mendapatkan kebahagiaan.

Kenapa? Karena tidak jarang, dalam upaya menjadi kalangan jet set dadakan secara instan, mereka kerap menghalalkan segala cara, tak terkecuali menyakiti dirinya sendiri.

Misal, demi mencapai tujuannya, meskipun penghasilannya tidak sampai 5 juta dalam sebulan, mereka nekat membeli handphone seharga 5 juta lebih bahkan hingga belasan juta.

Baca juga: Pil KB Berpotensi Meningkatkan Risiko Kanker Payudara. Ini Alasannya