Pencernaan Ternyata Otak Kedua Bagi Tubuh! Kenali Gangguan yang Kerap Menyerang Pencernaan Anak dan Cara Mengatasinya

By Gabriela Stefani, Kamis, 27 Februari 2020 | 19:06 WIB
Ternyata Saluran Pencernaan Menjadi Otak Kedua Bagi Tubuh, Kenali Gangguan dan Cara Mengatasinya (freepik)

Nakita.id - Tahu tidak Moms? Saluran pencernaan ternyata menjadi otak kedua bagi tubuh.

Hal itu diungkapkan oleh dr. Frieda Handayani K., Sp.A (K) karena dapat menyeimbangkan mikrobiota di saluran pencernaan sehingga membuat suasana hati Si Kecil membaik.

"Kalau kita mau sehat, kita harus sehatkan saluran cerna kita dulu karena saluran cerna itu paling banyak diproduksi antibodi," ujar dr. Frieda Handayani K., Sp.A (K) yang ditemui di acara Rumah Sakit Pondok Indah pada Kamis (27/02/2020).

Untuk hal itu, Moms perlu tahu gangguan pencernaan yang dapat menyerang Si Kecil dan cara mengatasinya.

Baca Juga: [VIDEO] Tanya Pakar - Apa yang Dibutuhkan Agar Pencernaan Anak Sehat?

1. Diare

Si Kecil dapat dikatakan diare ketika frekuensi Buang Air Besar lebih sering dibandingkan biasanya dengan konsistensi feses yang cair yang umumnya lebih dari 3 kali sehari.

Penyebab diare sendiri bisa dikarenakan infeksi, alergi, gangguan kekebalan tubuh, keracunan makanan, dan terlalu banyak penyerapan serat

Ketika Si Kecil alami diare tidak menutup kemungkinan ia akan alami dehidrasi yang ditandai dengan kulit yang tidak kembali ketika dicubit.

Apabila alami diare, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan Si Kecil diberikan oralit, zinc selama 10 hari, ASI, antibiotik, dan tentunya panduan dari dokter.