Moms, Konsumsi Salad dan Sayuran Hijau Setiap Hari Bisa Cegah Demensia

By Fairiza Insani Zatika, Jumat, 22 Desember 2017 | 13:07 WIB
Salad dan sayuran hijau dapat cegah demensia ()

Nakita.id – Mengonsumsi banyak sayuran hijau setiap hari bisa mencegah demensia di kemudian hari.

Melansir situs Independent, sebuah studi terhadap orang tua menemukan bahwa mereka yang makan sekitar satu porsi sayuran hijau setiap hari memilki otak yang setara dengan 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak pernah makan sayuran.

Mereka yang menunjukkan memori ingatan dan kecerdasan yang baik dalam pengujian ternyata mengonsumsi rata-rata 1,3 porsi per hari.

Manfaat tersebut dapat diperoleh melalui 100 gram bayam, kale, maupun collard greens seperti kubis atau kecambah. Moms juga bisa memperoleh manfaatnya dari 200 gram salad selada.

Baca juga: Facebook Mulai Berantas Info Click Bait, Peminta

Dr. Martha Morris, dari Rush University Medical Center di Chicago, melakukan penelitain ini dan dipublikasikan di jurnal Neurology.

Ia menyatakan bahwa menambahkan sayuran hijau ke dalam makanan sehari-hari mungkin merupakan cara sederhana untuk menumbuhkan kesehatan otak.

Timnya menganalisa  kebiasaan makan 960 orang, denga rata-rata usia 81 tahun, yang tidak memilkik demensia.

Setelah menjalani tes mengenai kemampuan berpikir dan ingatan, para peneliti membagi 960 orang tersebut menjadi lima kelompok berdasarkan seberapa sering mereka makan sayuran hijau dan berdaun.

Mereka yang berada di kelompok penyajian teratas, rata-rata makan 1,3 porsi per hari.

Sedangkan kelompok penyajian terendah makan rata-rata 0,1 porsi per hari.

Secara keseluruhan hasil tes menunjukkan penurunan dari waktu ke waktu pada tingkat berpikir dan memori sebesar 0,08 unit standar per tahun.