Panduan New Normal untuk Moms: Perempuan dan Pentingnya Dukungan Pasangan untuk Kesehatan Mental Selama Masa Era New Normal

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 14 Juli 2020 | 14:00 WIB
Panduan New Normal untuk Moms: Pentingnya support system bagi perempuan selama masa new normal (Freepik)

Panduan New Normal untuk Moms: Perempuan dan Pentingnya Dukungan Pasangan untuk Kesehatan Mental Selama Masa Era New Normal

Nakita.id - Sejak diberlakukannya adaptasi menuju new normal awal Juni 2020 lalu, masyarakat masih banyak yang mengabaikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Padahal, keberhasilan hilangnya pandemi Covid-19 dan keberhasilan pelaksanaan new normal, berada di tangan masyarakat.

Tak heran bila banyak ahli yang merasa pesimis, Indonesia mampu melalui pandemi Covid-19 dengan segera.

Dari banyaknya masyarakat yang masih abai, seorang Psikolog Klinis yakni Gisella Tani Pratiwi, M.Psi, mengungkap beberapa fakta.

Baca Juga: Panduan New Normal untuk Moms: New Normal dan Pentingnya Peran Perempuan Jadi Agen Perubahan Selama Pandemi Covid-19

Dalam wawancara melalui pesan dengan Nakita.id, Gisella mengaku masa pandemi Covid-19 ini memiliki berbagai imbas dan pengaruh terhadap kondisi mental, bila dilihat dari kacamata psikolog.

Menurut Gisella, dari hasil observasi yang dilakukan bersama psikolog lainnya, masyarakat memang sudah mulai mampu menghadapi dampak Covid-19, saat era new normal saat ini, dibandingkan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang lalu.

"Secara umum kami memerhatikan hasil observasi kami, banyak masyarakat yang tadinya di awal beradaptasi dengan kondisi karantina, kalau sekarang memasuki masa new normal. Mulai beranjak tentang kekhawatiran tentang bagaimana menghadapi situasi new normal, bagaimana menghadapi imbas kesulitan-kesulitan finansial yang berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang," ujar Gisella seperti yang ia tulis melalui aplikasi pesan.