Indonesia Terancam Diserang Flu Babi di Tengah Pandemi Covid-19, Kemenkes Ungkap Bahayanya: ‘Tidak Bisa Diproteksi dengan Vaksin Virus yang Ada’

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 10 Juli 2020 | 09:30 WIB
Ilustrasi Virus corona (the new york times via KOMPAS.com)

Nakita.id – Sudah empat bulan lebih wabah virus corona menyerang Tanah Air.

Sampai saat ini, penularan pun masih terjadi, yang mengakibatkan jumlah pasien juga terus bertambah setiap harinya.

Ironisnya, di tengah pandemi yang belum menemui titik terang ini, Indonesia justru dihadapkan pada munculnya wabah yang lain.

Yakni, flu babi atau H1N1.

Baca Juga: Geger Virus Corona Bisa Menular Melalui Udara, Seorang Ahli Ungkap Hal Lebih Buruk yang Akan Terjadi di Balik Cara Penularan Baru Tersebut 'Kompleks Sekali!'

Berdasarkan penelitian secara seroligis yang terjadi mutasi pada genotipenya, virus itu disebut G4H1N1 atau flu babi G4.

Munculnya flu babi G4 ini tentunya menimbulkan kekhawatiran.

Sebab, flu babi G4 ini juga berpotensi menjadi pandemi seperti H1N1 saat tahun 2009, yang kini telah menjadi influenza musiman.

Mengutip dari Tribunnews.com, Direktur Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyebutkan alasan pertama flu babi G4 bisa menjadi pandemi, karena sudah ditemukan pada populasi babi di China.

Baca Juga: Gara-gara Hal Ini, Anak-anak juga Masuk Kelompok Rentan Terinfeksi Covid-19 Selain Para Lansia, Apa Penyebabnya?