Jangan Anggap Sepele, Keseringan Tidur Terlalu Malam dan Bangun Siang Bisa Berakibat Fatal hingga Sebabkan Penyakit Mematikan Ini

By Ratnaningtyas Winahyu, Sabtu, 11 Juli 2020 | 09:00 WIB
Ilustrasi tidur terlalu malam (Pixabay.com)

Nakita.id – Kesehatan dapat terganggu oleh banyak hal, salah satunya karena tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang.

Ya, selama ini banyak orang yang hanya mementingkan berapa lama waktu tidur, namun mengabaikan waktu tidur yang tepat.

Padahal menurut ahli, waktu ketika berangkat tidur sama pentingnya lo Moms dengan durasi istirahat di malam hari.

Jika terus menerus dibiarkan, tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang pun dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti berikut ini:

1. Jadwal tidur berantakan

Melansir dari Bustle, ahli di bidang tidur Rose MacDowell menyebut, tidur terlalu malam bisa merusak pola tidur.

Baca Juga: Peringatan untuk yang Hobi Begadang dan Bangun Siang, Ternyata Bisa Bikin Emosian hingga Tingkatkan Risiko Terserang Penyakit Mematikan Ini

"Ketika sudah tiba waktunya istirahat tapi Anda belum tidur, pola tidur keesokan hari dan hari berikutnya lagi bisa ikut bergeser," jelas MacDowell.

Menurut MacDowell, pergeseran waktu tidur itu disebabkan otak sulit mengembalikan jadwal tidur ke pola semula.

Studi yang dirilis di jurnal Scientific Reports pun menunjukkan, orang yang jadwal tidurnya teratur cenderung memiliki kinerja akademis yang lebih baik ketimbang orang dengan jadwal tidur berantakan.

Selain itu, tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang juga bisa mengurangi efisiensi tidur.

Efisiensi tidur adalah persentase waktu yang dihabiskan untuk tidur saat berada di atas ranjang. Tidur dianggap efisien apabila sebanyak 85 persen waktu tidur, istirahatnya lelap.

Baca Juga: Disebut-sebut Berbahaya, Sebuah Penelitian Justru Ungkap Begadang Dapat Memberikan 4 Manfaat Tak Terduga Ini Bagi Kesehatan Mental dan Fisik