Terpapar Asap Rokok Orangtua, Pintu Masuk Anak Kenal Narkoba!

By Fadhila Afifah, Selasa, 2 Januari 2018 | 22:06 WIB
Kebiasaan Orangtua yang Bikin Anak Kenal Narkoba (Richard Clark)

Nakita.id - Bahaya narkoba tak bisa disepelekan Moms. Apalagi bukan hanya mengincar orang dewasa, tapi juga pada anak usia dini.

Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) sendiri mengatakan kasus narkoba di Indonesia sudah memasuki gawat darurat.

Kasus pemakaian narkoba oleh pelaku dengan tingkat pendidikan SD hingga tahun 2007 berjumlah 12.305.

Diantaranya anak usia 7 tahun mengkonsumsi narkoba jenis inhalan (uap yang dihirup).

BACA JUGA: Si Kecil Bisa Kenal Narkoba Ternyata Cara-Cara Ini. Waspadai Moms!

Anak usia 8 tahun memakai ganja, lalu di usia 10 tahun, anak-anak menggunakan narkoba dari beragam jenis, seperti inhalan, ganja, heroin, morfin, ekstasi, dan sebagainya.

Waduh, bahkan sudah mewabah pada usia 7 hingga 10 tahun, Moms.

Penyebarannya melalui berbagai cara, dari makanan yang dikemas familiar dengan Si Kecil, sampai cara paling ekstrem ditusukkan paksa pada Si Kecil.

Hal ini diungkap oleh Psikolog Klinis Anak dan Remaja, Dra. Viera Adella, Psi. M.Psi, yang pernah menangani kasus tersebut.

"Dari banyak kasus, narkoba yang biasa dikonsumsi anak dari makanan, dikemas dengan makanan yang familiar untuk si anak. Tapi ada yang lebih parah yaitu disuntik dengan paksa ke anak di jalan," ungkap alumni Universitas Padjajaran ini.

BACA JUGA: Balita Meninggal Tertimpa Tubuh Tetangganya yang Bunuh Diri Dari Lt 8

Selain hal tersebut, ternyata ada hal sepele yang membuat Si Kecil rentan kena narkoba, yakni kebiasaan Dads dan Moms yang sering dilakukan di depannya.