Pantas Saja Si Kecil Kurang Konsentrasi, Ternyata Defisiensi Zat Gizi Mikro Jadi Penyebabnya dan Bisa Timbulkan Penyakit Lain

By Cecilia Ardisty, Rabu, 16 September 2020 | 19:40 WIB
Pemenuhan zat gizi mikro pada Si Kecil penting (freepik)

Nakita.id - Selain zat gizi makro, Moms harus memperhatikan kebutuhan zat gizi mikro (zat besi, kalsium, vitamin A, C, D, dan zink) Si Kecil.

Menurut Riskesdas 2018, Indonesia memiliki tiga beban masalah gizi yaitu stunting, wasting dan obesitas, dan kekurangan zat gizi mikro.

Karena dibutuhkan manusia dengan jumlah sedikit, zat gizi mikro sering luput dari perhatian Moms dan Dads.

Baca Juga: Terlupakan Padahal Sama Pentingnya dengan Kalsium, Ketahui Makanan Tinggi Tembaga untuk Cegah Penyakit Mematikan

Padahal zat gizi mikro berperan penting dalam pembentukan hormon, aktivitas, enzim, serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi Si Kecil.

"Namanya juga mikro, butuhnya sedikit tapi penting penting banget. Jadi kalau sampai kurang ada permasalahan pada tubuh kita. Bisa organ tubuh kita fungsinya tidak optimal.

Jadi kalau bicara zat gizi itu ada dua: makro dan mikro. Karbohidrat, protein, lemak nah tambahannya vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral itu zat gizi mikro. Sedikit tapi esensial/penting banget. Ini dapat dari mana? Banyak sih sebetulnya tapi biasanya kita kelupaan terus karena perlu sedikit," jelas dr. Lula Kamal dalam konferensi pers peluncuran NESTLÉ IDEAL pada Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Nyeri Menstruasi Bisa Berasal dari Faktor-faktor Tak Terduga, Segera Redakan dengan Konsumsi Makanan Ini